Bobo.id - Saat ini pelajaran tematik kelas 6 SD tema 4 subtema 3 halaman 133. Teman-teman sudah mempelajari keseluruhan materi pelajaran.
Kita akan melakukan evaluasi untuk mengingat dan melatih kembali pembelajaran yang kita terima.
Tentunya teman-teman masih ingat bukan? Mulai dari kita mengenal globalisasi, listrik, dan menghitung luas dan volume bangun ruang kubus.
Nah, berikut ini kumpulan soal untuk bahan evaluasi teman-teman. Kerjakan dan temukan kunci jawabannya juga.
Cermati kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1. Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.
Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini:
Baca Juga: Cara Menemukan Median Data dari Satu Kelas, Materi Kelas 6 SD
Teks Eksplanasi ‘Mati Lampu’
Pernyataan Umum: Paragraf 1
Jawaban: Listrik memiliki peran penting di era globalisasi.
Deret Penjelas: Paragraf 2
Jawaban: Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam.
Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.
Simpulan dan Pendapat Penulis: Paragraf 3
Jawaban: Mari kita bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.
1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!
Jawaban: Berpikir maju dan sesuai perkembangan zaman, tetapi tetap bertindak sesuai budaya sendiri.
2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Jawaban: Sel surya merupakan lempengan tipis terbuat dari silikon yang dapat mengubah langsung cahaya matahari menjadi energi listrik. Lempengan sel surya tersebut diberi muatan postif dan muatan negatif.
Saat cahaya mengenai lempengan tersebut, kemudian akan memicu muatan positif untuk bertemu dengan muatan negatif sehingga terjadilah arus listrik. Saat ini penggunaan sel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil seperti pada barang-barang elektronik dan sebagai pembangkit listrik pada daerah-daerah yang masih sulit dijangkau oleh jaringan listrik.
3. Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!
Jawaban:
Paragraf 1: Topik Masalah
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah pembangkit listrik yang ramah lingkungan yang memanfaatkan panel surya yang terbuat dari silikon.
Paragraf 2: Deret Penjelas
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah pembangkit yang mengandalkan cahaya matahari untuk menghasilkan listrik. Sinar matahari akan memanaskan fluida di dalam panel surya. Lalu, fluida tersebut akan memanaskan generator supaya menghasilkan listrik.
Dengan mengandalkan sinar matahari, menjadikannya lebih ramah lingkungan dan bisa memenuhi kebutuhan listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) cocok untuk digunakan di wilayah tropis seperti di Indonesia karena bisa mendapatkan sinar matahari sepanjang hari.
Paragraf 3: Simpulan dan Pesan/ Pendapat Pribadi Penulis
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) juga bisa menyelamatkan lingkungan kita serta dalam prosesnya tidak melakukan pencemaran udara maupun suara. Selain itu, tidak menghasilkan sisa emisi.
4.Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.
Jawaban: Iya, setuju karena produk dalam negeri adalah produk buatan bangsa sendiri. Kualitasnya juga sama bagusnya dengan produk luar bahkan pasar luar negeri tertarik dengan produk dalam negeri kita sendiri.
5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.
Jawaban:
a. Luas permukaan = 6 x S x S
Luas permukaan = 6 x 6 x 6
Luas permukaan = 216 centimeter persegi
b. Volume kubus = S x S x S
Volume kubus = 6 x 6 x 6
Volume kubus = 216 centimeter kubik
6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun gabungan berikut.
Jawaban:
a. Luas permukaan = 5 x ( 8 x 8 + 4 x 4) + 8 x 8 – 4 x 4
Luas permukaan = 5 x (64 + 16) + 64 – 16
Luas permukaan = 5 x 80 + 48
Luas permukaan = 400 + 48
Luas permukaan = 448 centimeter persegi
b. Volume = 8 x 8 x 8 + 4 x 4 x4
Volume = 512 + 64
Volume = 576 centimeter kubik
Baca Juga: Contoh dan Penjelasan Hak Anak di Rumah, Materi Kelas 3 SD Tema 4
7. Ida akan membuat 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang dia perlukan.
Jawaban:
Luas kertas = 4 x 6 x S x S
Luas kertas = 4 x 6 x 10 x 10
Luas kertas = 2.400
Jadi, luas kertas karton yang diperlukan adalah 2.400 centimeter persegi.
Nah, itulah jawabannya. Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD Tema 4, Globalisasi Edisi Revisi 2018.
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
10 Contoh Pelanggaran Hak di Lingkungan Sekolah, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Source | : | Kompas.com,kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR