Bobo.id - Cara membuat daftar pustaka di Word bisa dilakukan dengan mudah, lo.
Teman-teman hanya perlu mengikuti langkah berikut agar bisa menuliskan daftar pustakan dengan rapi dan benar.
Sebelum memulai membuat, teman-teman harus tahu pengertian dan aturan dalam membuat sebuah daftar pustaka.
Daftar pustaka adalah daftar atau senari yang ada dalam sebuah karya ilmiah seperti makalah atau skripsi.
Pada daftar pustakan ini, teman-teman perlu menuliskan identitas buku dan pengarang yang kemudian disusun secara alfabetis.
Baca Juga: Cara Membuat Kolom di Microsoft Excel, Inilah Langkah Mudahnya
Semua sumber atau referensi yang teman-teman tuliskan dalam daftar pustaka tentunya harus berkaitan dengan karya ilmiah yang ditulis.
Pada penulisan daftar pustaka, teman-teman tidak bisa melakukan dengan sembarangan.
Dalam daftar pustaka itu, teman-teman akan mencantumkan nama penulis, penerbit, tempat diterbitkan, tahun terbit, dan juga judul.
Semua identitas buku atau referensi itu, tidak bisa ditulis dengan sembarangan.
Ada aturan yang harus diikuti seperti penataan tempat atau penulisan judul.
Aturan Membuat Daftar Pustaka
1. Nama penulis ditulis dengan nama belakang berada di bagian depan dan diikuti dengan tanda koma (,) lalu baru cantumkan nama depan dan tengah.
2. Bila ada dua penulis atau lebih, hanya nama penulis pertama yang dibalik.
3. Antara nama dan tahun terbit dipisahkan tanda titik (.).
4. Judul harus ditulis dengan cetak miring.
Baca Juga: Tidak Perlu Panik, Pakai Cara Ini untuk Kembalikan Data di MS Word yang Belum Sempat Disimpan
5. Penulisan kota penerbit dan penerbit harus dipisahkan dengan tanda titik dua (:).
6. Untuk artikel, judul ditulis dengan tanda petik bukan cetak miring.
7. Pada baris kedua sebuah daftar pustaka menjorok ke kanan.
8. Penulisan daftar pustakan harus urut sesuai alfabet.
Nah, sekarang ini teman-teman pasti sudah mengenal aplikasi pengolah kata yang akan mempermudah dalam membuat sebuah tulisan apapun, termasuk karya ilmiah.
Aplikasi yang bernama Word ini bisa mempermudah dalam berbagai hal, termasuk saat menuliskan daftar pustaka.
Seperti sudah dijelaskan, ada banyak aturan yang harus dipenuhi dalam penulisan daftar pustaka.
Untuk mengikuti aturan tersebut dalam menulis daftar pustaka di Word, teman-teman tidak perlu melakukan secara manual.
Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menuliskan daftar pustaka dengan rapi dan benar.
Cara Menulis Daftar Pustaka di Word
- Pertama, buka aplikasi Microsoft Word melalui perangkat komputer atau laptop teman-teman.
- Pada halaman utama, perhatikan bagian menu bar dan klik tab 'References' yang kemudian akan muncul beberapa opsi.
Klik menu 'Manage Sources' untuk mengatur daftar pustaka yang akan ditulis.
- Kemudian akan muncul menu bernama 'Source Manager'.
- Untuk memulai membuat daftar pustaka, teman-teman bisa klik tombol 'New' pada bagian tengah.
Baca Juga: Tak Ada Komputer, Seorang Guru Menggambar Microsoft Word di Papan Tulis Sekolah
- Setelah itu, akan mucul sebuah pop-up dengan nama 'Create Source'.
- Ingat, sebelum memulai menulis data untuk daftar pustaka, gantilah pengaturan bahasa pada kolom 'Language' menjadi bahasa Indonesia.
- Jangan lupa, untuk sesuaikan jenis daftar pustaka yang akan ditulis pada menu 'Type of Source', teman-teman bisa memilih buku, artikel, atau jenis sumber lainnya.
- Kemudian lanjutkan dengan memasukan data yang sesuai dengan aturan penulisan daftar pustaka, ya.
- Setelah selesai, klik tombol 'Ok' yang ada di bagian bawah.
- Nantinya, data yang sudah dimasukan tadi akan ada di menu 'Source Manager'.
Bila teman-teman ingin menambahkan data daftar pustaka, klik tombol 'New' dan lakukan langkah seperti sebelumnya.
- Untuk menampilkan hasil penulisan daftar pustaka, pilih opsi 'Blibiography' yang ada pada tab 'References', kemudian lanjutkan dengan klik 'Insert Blibiography'.
Baca Juga: 2 Cara Menyimpan Video dari Instagram, Mudah dan Praktis
- Dengan begitu secara otomatis semua daftar pustaka yang sudah disimpan akan muncul dan tersusun rapi.
Nah, itu tadi cara mudah untuk membuat daftar pustaka melalui Word.
Teman-teman bisa mengikuti langkah tersebut saat menulis sebuah karya ilmiah.
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Amirul Nisa |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR