Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema menjelajah angkasa luar, subtema 1, pembelajaran 5, tepatnya halaman 33, kita mempelajari materi tentang mengembangkan cerita berdasarkan imajinasi ke dalam sebuah paragraf.
Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, kita bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.
Dalam teks fiksi, ketika membacanya kita akan menemukan unsur-unsur yang membangun sebuah cerita di dalamnya, seperti tema, tokoh, alur, dan latar.
Lalu, kita juga bisa mengembangkan sebuah cerita dari cerita yang sudah ada.
Namun, sebelum mengembangkan sebuah cerita, kita harus memahami isi cerita tersebut terlebih dahulu.
Oleh karena itu, agar lebih memahami materi tersebut, bacalah teks fiksi berikut ini.
Bacalah dengan saksama!
Memberikan Hak Bagi yang Memerlukan
Jarak rumah Made cukup jauh dari sekolah. Setiap hari, Made naik kendaraan umum untuk sampai ke sekolah. Pagi itu, Made berangkat ke sekolah setelah sarapan dan pamit kepada ibu. Setelah naik bus, ia bersyukur karena mendapat tempat duduk. Tak lama, ada seorang nenek yang naik sambil membawa keranjang belanjaan. Nenek itu kebingungan karena tidak ada lagi tempat duduk yang kosong. Made yang mengetahui hal tersebut langsung berdiri dan menawarkan kursinya.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Materi Bahasa Inggris 'Weather and Seasons'
“Nenek bisa duduk di tempat saya. Siakan, Nek,” ujar Made.
Nenek itu pun duduk. Ia tersenyum sambil mengucapkan terima kasih.
Sesampainya di sekolah, Made belajar bersama teman-temannya hingga pulang sekolah. Ketika istirahat makan siang, Made ingin jajan ke kantin. Namun, ternyata Made lupa membawa uang saku, sehingga ia tidak makan siang. Made pun menunggu hingga jam pulang sekolah.
Bel pulang sekolah akhirnya berbunyi, Made langsung merapikan tasnya dan segera pulang. Ia menunggu bus di halte dengan sabar. Beruntung, tak lama bus pun datang. Ia segera menaiki bus dan mencari tempat duduk yang kosong. Ia pun duduk sambil menahan perutnya yang lapar.
Setelah beberapa menit bus berjalan, seorang ibu yang sedang menggendong anaknya naik ke dalam bus. Ibu itu terlihat kerepotan karena harus berdiri sambil menggendong anaknya. Karena tempat duduk telah terisi semua, Made yang tidak tega akhirnya memberikan tempat duduknya kepada ibu tersebut.
“Mari, Bu. Ibu bisa duduk di tempat saya,” kata Made sambil berdiri.
“Oh, iya. Terima kasih ya, Nak.” Made pun berdiri sambil menahan lapar di perutnya.
Setelah sampai di tujuan, Made turun dari bus dan berniat menyeberang jalan di zebra cross. Saat menunggu lampu merah menyala, Made melihat Nenek yang tadi pagi ia lihat di bus. Nenek itu tampak kesulitan membawa barangnya. Made menghampiri nenek tersebut dan menawarkan diri untuk membantu membawakan barang. Mereka berdua akhirnya menyeberang jalan saat lampu merah menyala. Sesampainya di seberang jalan, Made mengembalikan barang belanjaan nenek tersebut.
“Kamu anak yang tadi pagi?” tanya nenek itu.
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Sifat Larutan Asam dan Basa
“Iya, Nek. Tadi pagi saya satu bus dengan nenek,” jawab Made.
“Terima kasih ya Nak. Kamu memang anak yang baik. Ini buat kamu, untuk jajan,” Nenek itu meraih tangan Made dan memberikan uang kepadanya. Awalanya Made ingin menolak, namun akhirnya Made menerima uang pemberian nenek. Made pun mengucapkan terima kasih kembali kepada nenek.
“Terima kasih ya Nek. Kalau begitu saya pamit dulu. Nenek hati-hati di jalan,” ucap Made senang. Dia bersyukur karena ia dapat membeli makanan dengan uang pemberian nenek itu.
Berikut ini soal-soal pertanyaan yang berkaitan dengan teks fiksi di atas.
1. Bagaimana pendapatmu mengenai sifat Made?
Jawaban:
Made adalah anak yang baik dan tidak mementingkan dirinya sendiri, serta selalu menolong orang yang kesusahan.
2. Apa yang akan terjadi jika Made membawa uang sakunya?
Jawaban:
Baca Juga: Penyebab Perubahan Jaring-Jaring Makanan pada Ekosistem, Materi Kelas 5 SD Tema 5
Made tidak akan kelaparan dan tidak perlu menahan kelaparan.
3. Apa yang akan terjadi jika Made tidak memberikan tempat duduknya pada sang nenek dan sang ibu? Kembangkanlah cerita tersebut.
Jawaban:
Nenek dan ibu itu akan berdiri sepanjang perjalanan. Sedangkan Made tidak akan mendapatkan balasan kebaikan.
4. Apa yang akan kamu lakukan jika menjadi Made?
Jawaban:
Saya akan melakukan hal yang sama dengan Made. Karena, kita harus membantu orang yang kesulitan.
5. Tuliskan kelanjutan cerita di atas menggunakan imajinasimu sendiri. Tuliskan sebuah paragraf di bukumu.
Jawaban:
Akhirnya, Made sebelum pulang mampir ke dalam warung soto di pinggir jalan. Karena, sudah lemas dan perutnya perih, daripada menunggu sampai di rumah Made akan makan lebih dulu. Made memesan semangkuk soto dan nasinya, serta es teh manis. Setelah selesai makan, Made pun membayar dengan uang yang diberikan nenek tadi. Made juga bersyukur kepada Tuhan, pertolongan Tuhan memang tidak bisa disangka-sangka.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Luar Angkasa, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Erlangga.
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Mulai Sekarang Batasi Konsumsinya, Ini 6 Bahaya Minum Teh Berlebihan untuk Tubuh
Source | : | Erlangga |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR