Bobo.id - Pada Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 5, teman-teman banyak belajar mengenai menjaga kelestarian ekosistem.
Di halaman 154, teman-teman akan menemukan teks 'Sehari di Sungai Ciliwung'.
Teks 'Sehari di Sungai Ciliwung' bercerita mengenai dua sekawan yang membantu menjaga kelestarian sungai Ciliwung.
Caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai dan membantu membersihkan sungai.
Cara sederhana menjaga kelestarian sungai Ciliwung itu adalah sikap terpuji yang harus dimiliki setiap orang agar kelestarian ekosistem tetap terjaga dengan baik.
Setelah membaca teks 'Sehari di Sungai Ciliwung', teman-teman akan menemukan perintah di halaman 156 dan 157 untuk latihan. Sekarang kita bahan soal latihannya bersama-sama, yuk!
Soal Latihan Halaman 156
1. Siapakah tokoh utama pada cerita tersebut?
Jawaban: Tokoh utama pada teks 'Sehari di Sungai Ciliwung' adalah Aldi dan Dimas.
Baca Juga: Membuat Buklet Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Ekosistem, Materi Kelas 5 SD Tema 5
2. Permasalahan apakah yang timbul pada cerita tersebut?
Jawaban: Permasalahan yang dipaparkan pada teks 'Sehari di Sungai Ciliwung' lingkungan Sungai Ciliwung yang kotor dan tercemar akibat aktivitas masyarakat yang masih suka membuang sampah sembarangan di sungai.
3. Bagaimanakah pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut?
Jawaban: Supaya pencemaran di Sungai Ciliwung tidak bertambah parah, maka perlu berbuat sesuatu untuk mencegahnya dengan cara tidak membuang sampah ke sungai dan harus dilakukan pembersihan di lingkungan Sungai Ciliwung dan sekitarnya.
4. Pesan apakah yang dapat kamu petik dari cerita tersebut?
Jawaban: Kelestarian lingkungan harus kita jaga dengan baik. Sebab jika lingkungan rusak, manusia juga akan terkena dampaknya, seperti bencana banjir karena meluapnya air sungai.
Kegiatan Proyek Halaman 157
Buatlah contoh jaring-jaring makanan di ekosistem sungai dan kemungkinan yang terjadi apabila ada pencemaran di ekosistem sungai.
Berikut ini contoh jaring-jaring makanan di ekosistem sungai:
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 Tema 5, Pikiran Utama dalam Teks 'Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem'
1. Cahaya matahari - alga atau lumut - udang - ikan - ular sungai - pengurai.
2. Cahaya matahari - alga atau lumut - ikan - burung pemakan ikan - pengurai.
3. Cahaya matahari - alga atau lumut - kepiting air tawar - ikan besar - pengurai.
4. Cahaya matahari - alga atau lumut - plankton - cacing - ikan - belut air tawar - pengurai
Kemungkinan yang terjadi jika ada pencemaran adalah gangguan pada rantai makanan yang bisa menganggu keseimbangan jaring-jaring makanan.
Misal, adanya pencemaran berupa limbah industri menyebabkan alga dan lumut tidak bisa tumbuh di lingkungan sungai.
Sehingga, organisme konsumen alga dan lumut pun akan kelaparan dan menghilang. Setelah itu, organisme selanjutnya juga akan kelaparan dan berkurang.
Adanya sampah rumah tangga, misalnya plastik, akan menganggu pergerakan hewan-hewan sungai, sehingga hewan akan keracunan atau tidak bisa mencari makan.
Hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem sungai dan menganggu kelestarian alam.
Kuis! |
Permasalahan apa yang timbul di teks 'Sehari di Sungai Ciliwung' |
Petunjuk: Cek halaman 2! |
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Niken Bestari |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR