Bobo.id - Teman-teman kelas 7 SMP akan mulai belajar materi teknologi informasi dan komunikasi di buku pelajaran kurikulum Merdeka.
Pada Bab 3: Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita akan belajar mengenai Pengenalan Antarmuka Pengguna.
Apa itu teknologi Antarmuka Pengguna?
Antarmuka pengguna aplikasi adalah semua yang dapat dilihat dan berinteraksi dengan pengguna.
Antarmuka pengguna juga disebut user interface (UI).
Tujuan dari adanya Antarmuka Pengguna adalah agar teknologi bisa diubah, disetel, dan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan selera pengguna teknologi.
Contoh Antarmuka Pengguna atau UI adalah ponsel kita masing-masing.
Kita semua memiliki wallpaper, tema, aplikasi, menu, dan sebagainya yang berbeda-beda di setiap ponsel.
Nah, pembuat ponsel sudah merancang Antarmuka Pengguna agar ponsel bisa dengan mudah disetel sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.
Selain itu, contoh Antarmuka Pengguna adalah adalah desain-desain pada aplikasi yang sering kita gunakan setiap hari, mulai dari Google Play Store, WhatsApp, Gojek, atau Grab.
Di sana, kita akan menemukan beberapa elemen desain mulai dari layout, logo hingga pemilihan warna yang sesuai fungsi seperti warna button (tombol) dan notifikasi.
Baca Juga: Cari Jawaban Soal Uji Kompetensi: Berbagi Batang Kayu, Informatika Kurikulum Merdeka
Tujuan dari Desain Antarmuka Pengguna adalah untuk membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuan pengguna.
Jadi, Antarmuka Pengguna ini sangat penting dalam membuat teknologi mudah, efisien, dan bisa membuat puas atau senang penggunanya.
Latihan Soal Aktivitas Individu Halaman 41
Sekarang teman-teman buka halaman 41 pada buku Informatika kelas 7 SMP, lalu kerjakan soal di bawah ini, ya!
Setelah membaca soal di atas, isilah tabel di sini, ya.
Nah, jika teman-teman sudah selesai mengerjakan soal, kita bahas bersama-sama, yuk.
Jangan lupa untuk berdiskusi dengan guru dan teman-teman yang lain, ya!
a. Jawaban Tabel 1 (Jawaban per kolom menurun):
- 2+7+3= 12
Baca Juga: Cari Jawaban Soal Uji Kompetensi: Berbagi Batang Kayu, Informatika Kurikulum Merdeka
- 2*7*3= 42
- 45:60= o,75
- -2+9= 7
- 34² = 1.156
- √16/2= 2
b. Jawaban Tabel 2 (Jawaban per kolom menurun):
- Perkalian
- Pengurangan
- Menampilkan layar penuh kalkulator
- Memperkecil tampilan layar kalkulator
- Tempat Menulis Angka
Baca Juga: Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran dan Kemampuannya
- Nama Aplikasi Kalkulator
- Menampilkan Kalkulator pada pojok layar komputer
- Menu pada kalkulator
- Nomor tujuh
- Nomor satu
- Sama dengan atau hasil perhitungan
- Kembali ke nol atau memulai perhitungan awal
c. Jawaban Tabel 3:
- Agenda
Kita bisa mengatur waktu reminder sebelum kegiatan dimulai, jadi Anda bisa mengatur waktu sebelum acara dimulai.
- Berbagi kalender
Baca Juga: Cara Mudah Update Whatsapp di Laptop dan Komputer, Tidak Perlu Uninstall
Aplikasi Google Kalender memungkinkan kita untuk berbagi kegiatan dengan teman satu grup untuk mengatur jadwal.
- Menyimpan acara dari Gmail
Email yang kita terima berisi waktu, tanggal dan detail acara bisa Anda langsung simpan pada Google Kalender tanpa harus menuliskan secara manual pada aplikasi kalender.
- Membuat daftar kegiatan pada kalender
Kita juga bisa menambahkan secara manual daftar kegiatan apa saja yang akan ditambahkan pada kalender.
- Reminder acara TV
Kita juga bisa membuat pengingat atau reminder acara-acara TV kesayangan pada Google Calendar.
- Update sosial media
Selain acara TV, kita bisa membuat reminder untuk update sosial media Twitter atau Facebook pada jam-jam tertentu.
- File explorer bisa menyimpan file
File explorer bisa untuk menyimpan dokumen, baik dalam bentuk file, folder, dan .zip.
Baca Juga: Cara Belajar Komputer untuk Pemula, Jangan Takut Mencoba!
----
Kuis! |
Apa tujuan adanya Antarmuka Pengguna? |
Petunjuk: Cek halaman 1! |
Tonton video ini juga, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Niken Bestari |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR