Bobo.id - Kemasan produk perlu diperhatikan oleh pengusaha, karena fungsinya tidak hanya untuk membungkus.
Bahkan, kemasan bisa dijadikan alat promosi dan informasi bagi konsumennya.
Jadi, konsumen tertarik membeli atau mencoba produk yang ditawarkan.
Lebih lanjut, ketahui fungsi kemasan produk melalui soal berikut, yuk!
Sebelum mengetahui kunci jawabannya, simak pembahasannya melalui pelajaran tematik kelas 6 SD/MI Tema 4.
Namun, sebelumnya teman-teman bisa mencoba mengerjakan soalnya sendiri terlebih dahulu.
Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Jelaskan fungsi kemasan pada produk.
Jawaban:
Inilah, beberapa fungsi kemasan pada produk, yaitu:
Baca Juga: Aspek Hukum dari Produk Informatika dan Jenis-Jenis Lisensi Produk Informatika
1. Sebagai Identitas
Fungsi utama kemasan pada produk adalah sebagai identitas suatu produk, sehingga konsumen mudah mengenalinya.
Jadi, melalui kemasan kita dapat membedakan produk dengan produk lainnya.
Oleh karena itu, pemilihan kemasan memerhatikan bentuk, ukuran, warna, pemilihan huruf, gambar, dan hal lainnya untuk menarik perhatian konsumen.
2. Sebagai Pengawet dan Pelindung
Kemasan juga berfungsi sebagai pengawet dan pelindung sebuah produk.
Adanya, kemasan membuat suatu produk kondisinya tetap baik hingga sampai ke tangan konsumen.
Jadi, kemasan bisa melindungi produk dari benturan, suhu, bakteri, lembab, dan jamur.
Karena itulah, banyak konsumen yang membungkus produknya dengan kemasan khusus, diberi angin, atau antijamur agar makin aman.
3. Memudahkan Distribusi
Kemasan memudahkan distribusi produk karena produsen tidak bisa menyalurkannya sendiri dan membutuhkan distributor.
Baca Juga: Aspek Ekonomi dari Perkembangan Produk Teknologi Informatika
Pihak lain seperti distributor mengandalkan kemasan untuk mengidentifikasi produk sebelum disalurkan.
Jadi, kemasan memudahkan distributor unruk membawanya dan ditata kembali sesuai identitasnya.
4. Sebagai Media Promosi
Kemasan dapat digunakan sebagai media promosi, karena konsumen bisa melihat komposisi, kandungan gizi, kedaluwarsa, BPOM, atau gambaran produknya.
Segala macam informasi di kemasan bisa memberitahu konsumen sehingga tertarik untuk membeli.
Jadi, konsumen bisa mengetahui kualitasnya dengan mencoba.
5. Membuat Nilai Produk Meningkat
Kemasan yang menarik dan sesuai bisa meningkatkan nilai suatu produk.
Meskipun produk yang dijual tidak jauh beda dengan produk lainnya yang sama.
Namun, pemilihan kemasan yang tepat bisa menjadi kelebihan sendiri.
Karena, suatu produk terlihat lebih menarik dan lebih berkualitas, sehingga dipilih oleh konsumen.
Baca Juga: Contoh Produk Perundang-undangan di Indonesia, Baik Tingkat Nasional Maupun Daerah
Jadi, kemasan perlu dibuat kreatif dan berguna untuk melindungi produk.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Tema Globalisasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
---
Kuis! |
Bagaimana suatu kemasan bisa menjadi identitas? |
Petunjuk: Cek halaman 2! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan dunia satwa? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo dan Mombi SD.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Source | : | kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR