Bobo.id - Teman-teman kelas VIII akan mempelajari materi perdagangan antarpulau pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Apa yang dimaksud dengan perdagangan antarpulau?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), perdagangan adalah perihal berdagang; urusan berdagang; perniagaan.
Mudahnya, perdagangan adalah sebuah kegiatan saling menukar barang atau jasa yang sudah disepakati bersama.
Jadi, perdagangan antarpulau adalah kegiatan tukar menukar yang dilakukan oleh individu/kelompok dari satu daerah kepada individu/kelompok di daerah lainnya.
Tujuan Perdagangan Antarpulau
1. Mendapatkan Keuntungan
Tujuan utama dilakukan perdagangan adalah untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan didapatkan dari selisih antara harga beli dan harga jual.
Jika barang diproduksi sendiri, maka keuntungan diperoleh dari selisih antara harga jual dan biaya produksi.
2. Memperluas Jangkauan Pasar
Perdagangan sampai ke luar daerah atau luar pulau bisa memperluas jangkauan pasar.
Baca Juga: 10 Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Internasional pada Kehidupan Negara
Dengan menjangkau pasar yang luas, maka akan semakin banyak pula konsumen yang mengonsumsi barang atau jasa tersebut dari berbagai daerah.
Misalnya produk minyak tawon yang awalnya banyak digunakan oleh orang Makassar. Sekarang produk ini sudah digunakan hampir di seluruh wilayah Indonesia.
Faktor Pendorong Perdagangan Antarpulau
1. Perbedaan Faktor Produksi
Perbedaan faktor produksi antara daerah satu dan yang lain mendorong perdagangan antarpulau.
Contohnya, Kalimantan sebagai daerah penghasil akan mendorong perdagangan dengan wilayah Jakarta yang minim hasil kayu untuk bahan baku industri mebel.
2. Perbedaan Tingkat Harga
Perbedaan tingkat harga antardaerah juga mendorong terciptanya perdagangan antardaerah.
Sebagai contoh di daerah yang kaya akan hasil laut, harga hasil lautnya akan lebih murah dari daerah lain yang tidak memiliki hasil laut.
Hal ini akan mendorong adanya perdagangan antardaerah.
Manfaat Perdagangan Antarpulau
Baca Juga: 6 Upaya Pembangunan Ekonomi di Daerah Pantai, Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 4
1. Menyediakan Alternatif Alat Pemuas Kebutuhan Konsumen
Perbedaan kandungan alam dan produk antardaerah akan menyebabkan perbedaan hasil produknya.
Adanya perdagangan antardaerah atau antarpulau, membuat kita bisa menikmati produk yang tidak diproduksi di tempat tinggal kita.
2. Meningkatkan Produktivitas Produsen
Meluasnya pemasaran produk akan menyebabkan permintaan atau pemesanan produk meningkat.
Hal ini akan mendorong produsen untuk meningkatkan produksi sehingga meningkatkan produktivitas produsen
3. Memperluas Kesempatan Kerja bagi Masyarakat
Peningkatan jumlah barang yang diproduksi dalam jumlah besar akan menyebabkan produsen butuh tenaga kerja tambahan, sehingga akan ada pembukaan lowongan kerja.
Selain itu, perdagangan lintas daerah juga akan memunculkan unit-unit usaha baru seperti jasa kirim, perluasan transportasi, dan masih banyak lagi.
Nah, itulah tadi penjelasan tentang perdagangan antarpulau, mulai dari pengertian, tujuan, faktor pendorong, hingga manfaatnya.
Baca Juga: Cari Jawaban IPS, Mengapa Selat Malaka Menjadi Tempat yang Ramai dan Strategis untuk Perdagangan?
Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VIII, penulis: Supardi, Mohammad Rizky Satria, Sari Oktafiana, M. Nursa’ban, tahun 2021.
----
Kuis! |
Sebutkan 2 tujuan perdagangan antarpulau! |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Penulis | : | Sarah Nafisah |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR