Bobo.id - Teman-teman pasti pernah mendengar istilah tentang sebutan generasi Z. Ya, generasi Z atau Gen Z merupakan kelompok usia yang lahir pada rentang tahun 1997 sampai dengan 2012.
Lahir di tengah pesatnya perkembangan teknologi, membuat Gen Z dikenal sebagai generasi yang melek teknologi atau bahasa kerennya tech savvy. Bahkan, gen Z di Indonesia menempati posisi teratas yang paling banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di Internet. Rata-rata 7 sampai 13 jam setiap harinya.
Selain andal dalam penggunaan teknologi, paparan internet juga membuat karakter Gen Z berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, baik dalam hal cara berpikir maupun kebiasaan.
Ketika ingin membeli baju atau gadget, misalnya, riset McKinsey pada 2019 menemukan bahwa hampir 40 persen Gen Z di Amerika Serikat akan mengikuti rekomendasi dari para influencer di media sosial.
Baca Juga: Jadi Istilah Populer, Apa itu Gen Z dan Siapa Saja yang Termasuk?
Dalam pekerjaan atau pendidikan, Gen Z juga termasuk ke dalam kelompok yang sangat mengutamakan keseimbangan dalam hidup, serta peduli akan kesehatan mental.
Di kehidupan sehari-hari, Gen Z punya berbagai kebiasaan khusus yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.
Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalah susah melepaskan diri dari smartphone. Karena terbiasa memakai smartphone di segala kegiatan, perangkat ini jadi sering dibawa ke berbagai tempat, termasuk kamar mandi.
Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat berbagai merk gadget hadir dalam waktu bersamaan. Enggak heran, banyak Gen Z cukup gemar berganti smartphone, laptop, atau aksesori gadget dalam waktu singkat.
Baca Juga: Apa Saja Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen di Sekitar Kita?
Sebagai generasi yang peduli akan kesehatan mental, kebiasaan berbelanja online serta pergi ke tempat hits seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian gen Z.
Untuk membeli barang yang diinginkan, Gen Z bisa mengandalkan platform e-commerce maupun akun jasa titip (jastip) yang ada di media sosial.
Sementara ketika ingin mengunjungi tempat hits, Gen Z juga terbiasa mencari berbagai rekomendasi kafe, restoran, dan tempat nongkrong dari berbagai platform media sosial.
Sejalan dengan tiga kebiasaan di atas, Gen Z juga hobi membuat banyak akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, hingga media sosial terbaru seperti Mastodon dan Clubhouse.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 6, Manfaat Semen bagi Kehidupan
Selain dimanfaatkan untuk mencari informasi terbaru, platform media sosial tersebut juga kerap digunakan sebagai tempat berkomunikasi, berbagi foto, hingga membuat berbagai konten yang mampu menarik followers maupun viewers.
Agar bisa up to date terhadap berbagai info di media sosial, Gen Z ingin selalu terkoneksi dengan dunia digital. Apalagi jika hobi berpindah-pindah aplikasi, tentunya butuh kuota internet yang tak terbatas.
Untuk menunjang beragam aktivitas gen Z tersebut, AXIS meluncurkan paket internet baru yaitu AXIS Warnet Unlimited.
Sesuai namanya, paket ini hadir dengan kuota unlimited dengan masa aktif selama 24 jam. Jadi, ketika kamu mengaktifkan paket ini pukul 10.00 WIB, maka paket ini akan habis di jam yang sama keesokan harinya.
Kabar baiknya, paket #NonstopAntiNgedrop ini bisa dinikmati oleh semua pelanggan AXIS dengan mengaktifkan paketnya di aplikasi AXISNET. Harganya pun tergolong ramah bagi kantong, yakni hanya Rp 3.999 untuk satu kali pembelian.
Untuk meramaikan peluncuran paket ini, AXIS juga berkolaborasi dengan Feel Koplo dalam pembuatan jingle-nya. Penasaran dengan lagu dan informasi lebih lengkap tentang paket ini? Yuk, kunjungi laman AXIS di https://www.axis.co.id/produk/paket-internet/paket-warnet.
Bobo Funfair Digelar di Semarang, Bisa Ketemu Bobo Sekaligus Wisata Kuliner Nusantara
Penulis | : | Nana Triana |
Editor | : | Sheila Respati |
KOMENTAR