Bobo.id - Bagaimana cara mengerjakan soal 'Ayo Berlatih' materi Penjumlahan Bilangan Cacah halaman 33-34 kelas 4 SD?
Pada buku Matematika kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Belajar, teman-teman akan belajar menjumlahkan bilangan cacah.
Bilangan cacah termasuk salah satu jenis bilangan bulat.
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 sampai bilangan yang nilainya tidak terhingga.
Contohnya 0, 1, 2, 3, ...., 100, 1.000, 10.000, dan sebagainya.
Menjumlahkan bilangan cacah berarti menjumlahkan angka-angka dalam bilangan cacah dengan cara panjang dan pendek.
Pada buku Matematika kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, kita akan belajar mengerjakan soal 'Ayo Berlatih' nomor 3, 4, dan 5 halaman 33-34.
Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!
3. Gunakan cara yang menurut kalian mudah untuk menyelesaikan operasi penjumlahan berikut!
a. 333 + 519 = ……
b. 429 +19 = …….
Baca Juga: Jawab Soal dari Teks 'Siap Menghadapi Musim Hujan', Materi Kelas 4 SD Tema 1
c. 821 + 98 = ……
d. 700 + 139 = ……
e. 621 + 37 + 128 = ……
4. Tariklah garis dengan jawaban yang sesuai.
a. 629 + 123 .... 813
b. 377 + 330 + 29 .... 736
c. 423 + 390 .... 860
d. 39 + 821 .... 964
e. 690 + 56 + 218 .... 752
5. Kerjakan soal cerita berikut!
a. Seorang petani kelapa sawit mempunyai beberapa kebun. Kebun A menghasilkan 328 buah, kebun B menghasilkan 579 buah. Berapakah jumlah kelapa sawit yang dihasilkan dari kebun A dan kebun B?
Baca Juga: Jawaban 'Ayo Berlatih Penjumlahan Bilangan Cacah', Kelas 4 Kurikulum Merdeka
b. Pak Rahmad memiliki 117 ikan lele, Pak Sudi memiliki 105 ikan lele dan Pak Jaya memiliki 242 ikan lele. Semua ikan lele dipanen dari kolam dan kemudian akan dijual ke pasar. Berapa keseluruhan ikan lele yang akan dijual ke pasar?
c. SD Pelangi mengirimkan 121 siswa mengikuti lomba matematika, 29 siswa mengikuti lomba bahasa inggris dan 98 siswa mengikuti lomba sains. Berapa keseluruhan siswa SD Pelangi yang mengikuti lomba?
d. Helen mempunyai 111 stiker gambar kartun, 77 stiker gambar bunga dan 89 stiker boneka. Berapa jumlah stiker Helen seluruhnya?
3. a. 333 + 519
= (300+500) + (30+10) + 12
= 800 + 40 + 12 = 862
b. 429 +19
= (400+0) + (20+10) + (9+9)
= 400 + 30 + 18 = 448
c. 821 + 98
= (800+0) + (20+90) + (1+8)
Baca Juga: Perbedaan Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan, Materi Kelas 4 SD
= 800 + 110 + 9 = 919
d. 700 + 139
= (700+100) + (0+30) + (0+9)
= 800 + 30 + 9 = 839
e. 621 + 37 + 128
= (600+0+100) + (20+30+20) + (1+7+8)
= 700 + 70 + 16 = 786
4. a. 629 + 123 dengan 752
b. 377 + 330 + 29 dengan 736
c. 423 + 390 dengan 813
d. 39 + 821 dengan 860
Baca Juga: Segi Banyak: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya, Materi Kelas 4 SD
e. 690 + 56 + 218 dengan 964
5. a. 328 + 579 = 907
b. 117 + 105 + 242 = 464
c. 121 + 29 + 98 = 248
d. 111 + 77 + 89 = 277
----
Kuis! |
Apa itu bilangan cacah? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Penulis | : | Grace Eirin |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR