Bobo.id - Pada materi IPAS Kurikulum Merdeka kelas 5 SD, kita akan belajar tentang proses transfer energi di ekosistem.
Sebagai informasi, ekosistem adalah sistem yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan.
Dalam sebuah ekosistem, makhluk hidup bisa jadi sumber energi atau makanan untuk makhluk hidup lainnya.
Hal ini karena setiap makhluk hidup butuh energi. Oleh karena itu, tiap makhluk hidup berinteraksi satu sama lain.
Pada akhirnya, hal ini menciptakan peristiwa makan dan dimakan antara sesama makhluk hidup dengan urutan tertentu.
Agar proses ini bisa berjalan lancar, maka tiap makhluk hidup punya perannya masing-masing, termasuk tumbuhan.
Di buku IPAS kelas 5 SD halaman 56, ada soal: apa peran tumbuhan dalam proses transfer energi di suatu ekosistem?
Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Berikut ini Bobo akan berikan alternatifnya. Simak, yuk!
Jawaban:
Ada setidaknya dua peran penting tumbuhan dalam proses transfer energi di suatu ekosistem, antara lain:
Baca Juga: Bagaimana Transfer Energi Terjadi pada Suatu Ekosistem? Materi Kelas 5 SD
Berikut penjelasannya:
Peran tumbuhan dalam proses transfer energi di suatu ekosistem adalah sebagai produsen. Apa maksudnya?
Tumbuhan disebut produsen karena hanya mereka yang bisa memproduksi makanan dari bahan mentah anorganik.
Tumbuhan akan menyerap bahan mentah anorganik seperti sinar Matahari, air, dan juga mineral dari dalam tanah.
Lalu, tumbuhan mengubahnya menjadi makanan sendiri, yakni bahan organik berupa gula lewat proses fotosintesis.
Bahan organik inilah yang bisa menggerakkan proses kehidupan lewat respirasi sel atau bisa disimpan jadi biomassa.
Bersumber dari Kompas.com, biomassa merupakan segala sesuatu yang membentuk makhluk hidup, teman-teman.
Bahan organik atau makanan itu membentuk akar, batang, daun, dan menyokong proses kehidupan di tumbuhan.
Sederhananya, tumbuhan mentransfer energi dari lingkungan hidupnya yang anorganik jadi biomassa yang organik.
Keberadaan produsen tidak bergantung pada ketersediaan makanan di alam, melainkan kondisi alam yang seimbang.
Apabila kondisi alam seimbang dengan air dan sinar Matahari yang cukup, tumbuhan bisa hasilkan makanan sendiri.
Baca Juga: Peran Jaring-Jaring Makanan dalam Menjaga Ekosistem, Materi Kelas 5 SD
Seperti Bobo sebutkan sebelumnya, di antara makhluk hidup lainnya, hanya tumbuhan yang bisa hasilkan makanan sendiri.
Ini artinya, tumbuhan memiliki peran penting sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya, teman-teman.
Tumbuhan bisa jadi sumber makanan makhluk hidup lain, seperti hewan herbivora sebagai konsumen primer.
Nantinya, tumbuhan akan dimakan oleh hewan herbivora, menyebabkan bahan organik itu berpindah ke hewan herbivora.
Dari bahan organik itu, hewan herbivora mendapatkan energi untuk hidup dan bertumbuh menjadi hewan dewasa.
Contoh dari hewan herbivora pemakan tumbuhan seperti, sapi, kuda, kelinci, jerapah, gajah, zebra, hingga kelinci.
Hewan herbivora kemudian akan dimakan oleh hewan lain yang merupakan konsumen sekunder dan tersier.
Energi ini akan terus ditransfer antarmakhluk hidup sampai kembali lagi ke tumbuhan dalam bentuk humus.
Yap, energi yang sudah diambil dari tumbuhan memang bisa kembali lagi ke tumbuhan. Bagaimana caranya, Bo?
Hal ini berkat peran dekomposer yang menguraikan bangkai makhluk hidup menjadi nutrisi di dalam tanah.
Nah, itulah penjelasan tentang peran tumbuhan dalam proses transfer energi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya.
Baca Juga: Posisi Manusia dalam Rantai Makanan, Materi Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan ekosistem? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR