Bobo.id - Mengapa manusia menciptakan uang?
Pertanyaan tersebut terdapat dalam buku Bahasa Indonesia 'Lihat Sekitar' untuk SD Kelas IV SD halaman 112.
Sebelumnya, teman-teman sudah membaca teks cerita berjudul 'Ditukar dengan Apa?' halaman 104-108.
Cerita termasuk fabel yang mengisahkan tentang hewan-hewan di Hutan Kelayau melakukan transaksi jual-beli di pasar.
Mereka menukarkan hasil kebun atau barang yang mereka punya dengan barang yang mereka inginkan.
Hewan-hewan tersebut juga belajar mengenal alat pembayaran yang sah.
Nah, sekarang giliran teman-teman mencari tahu tentang alat pembayaran sah yang digunakan manusia, yaitu uang.
Pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, kita akan belajar menjelaskan alasan manusia menciptakan uang.
Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut!
Jauh sebelum adanya uang, manusia memenuhi setiap kebutuhannya dengan berburu dan meramu.
Yap, belum ada konsep saling menukar barang yang dibutuhkan seperti barter, karena segala kebutuhan ada di alam.
Baca Juga: Contoh Sikap Mematuhi Aturan di Rumah, Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Semakin berkembangnya zaman, manusia mulai membutuhkan orang lain dan menyadari perannya sebagai makhluk sosial.
Dengan begitu, muncullah konsep barter, yang berarti saling menukar barang kebutuhan.
Barter ternyata tidak dapat mengatasi pembayaran dengan baik, sehingga ada yang disebut uang barang.
Ketika seseorang bekerja kepada orang dengan memanfaatkan jasanya, maka orang yang mempekerjakan akan membayar dengan barang.
Tapi, tidak semua barang memiliki ketahanan yang lama, sehingga nilainya pun bisa berubah seiring waktu.
Maka, memasuki abad ke-7, manusia mulai menciptakan uang logam dan secara resmi menggunakannya sebagai alat pembayaran.
Uang logam ini hadir pada masa pemerintahan Raja Alyattes dari Turki, yang terbuat dari elektrum atau campuran alami emas dan perak.
Namun, karena bahan untuk membuat uang logam sulit ditemukan, maka bangsa Tiongkok mulai membuat uang kertas.
Penemu uang kerta diketahui bernama Ts'ai Lun. Lun membuat uang kertas pertama dari kulit kayu pohon murbei.
Pada awal abad ke-19, uang kertas mulai menyebar ke seluruh belahan dunia.
Nah, setelah mengenal sejarah ditemukannya uang, kita juga harus belajar tentang nilai dan fungsi uang dalam kegiatan jual beli.
Baca Juga: Kegiatan Sehari-hari yang Memakai Gaya, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Berikut ini di antaranya.
1. Alat tukar
Uang bisa ditukarkan dengan barang/jasa yang termasuk kebutuhan hidup manusia, dengan syarat harus ada kesepakatan nominal pembayaran.
2. Satuan hitung
Dalam menukarkan uang dengan barang atau jasa, dibutuhkan nilai yang sesuai. Oleh karena itu, uang juga berfungsi sebagai satuan hitung.
3. Alat pembayaran yang sah
Dalam kegiatan ekonomi, uang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.
4. Pendorong kegiatan ekonomi
Seperti yang sudah disebutkan di atas, uang ada di setiap proses kegiatan ekonomi dari produksi hingga konsumsi.
Oleh karena itu, uang termasuk ke dalam faktor pendorong kegiatan ekonomi.
5. Alat pemindah kekayaan
Baca Juga: Contoh Sikap Mematuhi Aturan di Sekolah, Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Sebagian orang memiliki kekayaan berupa tanah, bangunan, atau barang-barang berharga.
Jika orang tersebut hendak pindah dari satu tempat ke tempat lain, maka kekayaannya harus diubah menjadi bentuk uang terlebih dahulu.
(Editor: Heni Widiastuti)
----
Kuis! |
Apa itu barter? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Penulis | : | Grace Eirin |
Editor | : | Bobo.id |
KOMENTAR