Wushu, Seni Bela Diri untuk Kesehatan

  • Selasa, 3 Oktober 2017 15:06 WIB

Wushu bisa menguatkan otot dan melatih keseimbangan. | Wikimedia Commons

Salah satu cabang olahraga yang banyak ditemukan di ajang olahraga baik nasional maupun internasional adalah wushu. Apa, sih, wushu itu? Yuk, kita simak.

Seni Bela Diri

Wushu berasal dari negeri tirai bambu, Tiongkok. Kata wushu diambil dari kata wu yang berarti perang dan kata shu yang berarti seni. Jadi kalau digabungkan, wushu artinya seni berperang atau seni bela diri.

Wushu, Anak dari Kungfu

Wushu itu merupakan anak dari kungfu. Kenapa disebut anak? Kungfu adalah seni bela diri yang berguna untuk kesehatan. Kungfu memiliki dua cabang, yaitu wushu dan taichi. Gerakan taichi itu lembut, jauh berbeda dengan gerakan wushu yang gagah seperti ingin berperang.

Manfaat Wushu

Seperti olahraga yang lain, wushu juga punya banyak manfaat kalau dilakukan secara rutin. Teman-teman yang berolahraga wushu bisa menguatkan otot, lo, terutama otot pada tangan dan kaki. Selain itu, teman-teman juga bisa melatih keseimbangan karena teman-teman juga akan belajar berdiri dengan satu kaki. Teman-teman juga dilatih berkonsentrasi terhadap sesuatu.

Wushu Indonesia

Di Indonesia, wushu sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun wushu hanya dimainkan oleh orang-orang tua dari golongan tertentu. Wushu berstandar nasional baru dikenal di Indonesia pada tahun 1992 oleh seorang tokoh olahraga bernama I Gusti Kompyang Manila. Nah, IGK Manila yang selanjutnya menjadi Ketua Umum pertama PBWI (Pengurus Besar Wushu Indonesia) juga membawa wushu Indonesia ke internasional.

Reporter : Cirana Merisa
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Adikku Manis

4 jam yang lalu

Cerita

Kue Dadar Lapis Madu

9 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Malam Cerita

12 jam yang lalu

Cerita

Makhluk Bulan Purnama

10 jam yang lalu

Cerita

MOST READ

Adikku Manis

4 jam yang lalu

Kena Batunya

1 hari yang lalu

Mama Berhati Emas

2 hari yang lalu

Bunga-Bunga yang Hilang

3 hari yang lalu

Pengarang Kecil yang Kecewa

2 hari yang lalu

Asal Tahu Caranya

3 hari yang lalu

Kue Dadar Lapis Madu

9 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×