Apa Jadinya Jika Bumi Tiba-tiba Berhenti Berputar?

  • Sabtu, 2 September 2017 15:35 WIB

Apa jadinya jika Bumi berhenti berputar? | Creative Commons.

Apakah Teman-teman pernah berhenti atau mengerem mendadak saat bersepeda? Pasti tubuh akan tersentak. Bahkan, mungkin bisa jungkir balik. Lalu, bagaimana kalau yang berhenti mendadak itu adalah Bumi? Jika Bumi tiba-tiba berhenti berputar, apa yang terjadi?

Menurut penelitian, Bumi tidak akan bisa berhenti berotasi atau berputar pada porosnya secara mendadak, setidaknya untuk milyaran tahun ke depan. Penelitian ini dilakukan oleh para ahli berdasarkan perhitungan hukum fisika bernama Kekalan Momentum Sudut.

Tetapi, teman-teman boleh saja penasaran. Apa yang terjadi jika Bumi tiba-tiba berhenti berputar?

Semuanya Terlempar

Sama seperti mengerem mendadak saat bersepeda, Bumi juga akan bergoncang saat berhenti berputar secara mendadak. Akibatnya, semua isi Bumi akan terlempar jauh. Bangunan akan runtuh, laut akan meluap, dan angin atmosfer bertiup kencang menyapu permukaan Bumi.

Siang dan Malam yang Panjang

undefined
Ketika Bumi berotasi, akan terjadi siang dan malam. Matahari juga akan berada pada posisi yang sama di Bumi setiap 24 jam.

Jika Bumi berhenti berputar, butuh waktu 365 hari bagi Matahari untuk terbit dan tenggelam. Artinya, Bumi akan mengalami siang selama setengah tahun dan belahan Bumi lainnya akan mengalami malam selama setengah tahun.

Kedinginan dan Kepanasan

Bumi akan mengalami siang dan malam yang panjang ketika Bumi berhenti berotasi. Dengan begitu, belahan Bumi yang mengalami siang hari akan terus terpapar sinar matahari sampai kepanasan. Begitu juga dengan belahan Bumi yang mengalami malam yang panjang, belahan Bumi itu akan kedinginan.

Sumber Makanan Menipis

Dengan suhu panas yang terlalu lama atau suhu dingin yang terlalu lama, kebanyakan hewan dan tumbuhan akan sulit untuk beradaptasi. Akibatnya, mereka bisa mati. Jika hewan dan tumbuhan banyak yang mati, manusia akan sulit mendapatkan sumber makanan.

Reporter : Iveta Rahmalia
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×