Inilah Perbedaan Nova, Supernova, dan Hipernova

  • Sabtu, 2 September 2017 16:35 WIB

Perbedaan Nova, Supernova, dan Hipernova. | NASA

Selain berkelap-kelip di langit, bintang juga bisa meledak dan menghasilkan cahaya yang sangat terang. Ledakan bintang itu dikenal juga sebagai nova, supernova, dan hipernova. Apa, ya, bedanya? Yuk, cari tahu!

Nova

undefined
Nova biasanya dialami oleh bintang katai putih.

Massa atau berat bintang di langit kita sangatlah beragam. Ada yang kecil, ada juga yang besar. Ledakan bintang yang memiliki massa atau berat yang kecil, dikenal juga sebagai nova. Ledakan ini terjadi di permukaan bintang bermassa kecil, yang juga disebut bintang katai. Bintang katai yang biasanya mengalami nova adalah bintang katai putih.

Ledakan nova membuat bintang yang tadinya redup, tiba-tiba jadi sangat terang. Terangnya seperti cahaya yang baru saja lahir kembali. Ilmuwan di masa lalu mengira ledakan ini adalah bentuk lahirnya bintang baru.

Itulah sebabnya, ledakan bintang ini dinamakan nova. Dalam bahasa latin, nova berarti bintang baru. Massa bintang-bintang yang mengalami nova, biasanya sama dengan Matahari. Bedanya, bintang ini memiliki volume yang hanya sebesar Bumi.

Supernova

undefined
Cahaya yang dihasilkan supernova lebih terang daripada nova.

Bintang-bintang yang bermassa lebih dari 8 kali lipat massa Matahari, akan meledak sebagai supernova. Energi yang dikeluarkan bintang yang mengalami supernova, akan lebih besar dari energi yang dihasilkan dari ledakan nova.

Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat terang benderang dan jelas. Bahkan, bisa lebih terang ratusan juta kali lipat dari cahaya semula bintang itu.

Hipernova

undefined
Penyebab terjadinya hipernova masih belum bisa dipastikan.

Ketika hipernova terjadi, cahaya yang terpancar akan lebih terang dan jelas dari supernova. Ledakan ini menghasilkan energi yang 100 kali lebih besar dari supernova.

Reporter : Iveta Rahmalia
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×