Ackee, Buah Beracun yang Bisa Dimakan

  • Selasa, 12 September 2017 17:35 WIB

Ackee, buah beracun yang bisa dimakan. | Creative Commons, Jerome Walker

Buah ini bisa dijadikan menu sarapan, tetapi buah ini mengandung racun! Bagaimana cara mereka mengonsumsinya?

Buah Jamaika

Ackee atau Blighia sapida masih satu keluarga dengan leci. Buah ini berasal dari negara-negara di Afrika Barat, salah satunya Ghana. Namanya juga diambil dari bahasa Akan dari Ghana. Pada abad ke-18, buah ini sampai ke Jamaika dan menjadi buah nasional Jamaika.

Salut Biji

Saat masih mentah, buah ackee akan berwarna hijau. Buah akan berubah warna menjadi oranye kemerahan saat sudah matang. O iya, buah ackee yang sudah matang akan terbuka dan memperlihatkan tiga buah biji hitam yang ada di dalam buahnya. Di belakang biji buah, ada arilus/salut biji yang berwana kuning muda. Nah, arilus/salut biji itulah yang bisa dimakan oleh kita. Buah lain yang punya arilus/salut biji adalah rambutan, manggis, dan leci.

undefined
Buah Ackee yang sudah matang!

Menu Sarapan

Masyarakat jamaika punya menu sarapan yang terbuat dari ackee. Namanya ackee and saltfish. Untuk membuat menu ini, buah ackee yang sudah matang harus direbus. Setelah itu, buahnya akan ditumis dengan ikan cod, tomat, dan bawang. Konon, menu ini adalah sarapan untuk para budak di zaman dulu. Kini, ackee and saltfish menjadi sarapan kebanggan orang Jamaika.

undefined
Ackee and Saltfish | Creative Commons - gailf548

Kotak Fakta:

  • Buah ackee yang masih berwarna hijau dan belum terbuka (belum matang) mengandung racun! Racun itu bisa membuat seseorang muntah-muntah, bahkan meninggal. Meski beracun, ackee juga mengandung vitamin C, zat besi, kalsium, lo!
  • Supaya orang-orang yang mengonsumsi buah ackee tidak keracunan, kita harus tahu dulu cara memanen buah ackee yang benar!

Teks: Lita/Willa, Foto: Creative Commons

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

3 hari yang lalu

Adikku Manis

3 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

2 hari yang lalu

Misteri Surat Perpisahan

1 hari yang lalu

Eiffel yang Hilang

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×