Inilah 2 Dinosaurus Bertanduk Pemakan Tanaman

  • Rabu, 13 September 2017 12:51 WIB

Kosmoceratop | Creative Commons, Nobu Tamura

Dua dinosaurus ini memiliki tanduk keras di kepalanya. Selain itu, ia juga punya tubuh yang besar dan kuat. Terlihat menyeramkan! Tapi kamu jangan khawatir, ia termasuk dinosaurus pemakan tanaman. Jadi, ia tidak akan menyerang kalau tidak diganggu. Kita berkenalan dengan mereka, yuk!

Kosmoceratop

Kosmoceratop merupakan dinosaurus bertanduk terbanyak di dunia. Di kepalanya, ada 15 buah tanduk! Banyak, kan? Tanduk-tanduk itu berfungsi sebagai alat untuk menarik perhatian betina.

Fosil Kosmoceratop ditemukan pada tahun 2010 di Gurun Utah, Amerika Serikat. Menurut perkiraan para peneliti, hewan ini hidup 76 juta tahun yang lalu. Dari fosil itu, para peneliti memperkirakan berat Kosmoceratop mencapai 2,5 ton. Besar sekali, ya!

Pachyrhinosaurus

Pachyrhinosaurus merupakan dinosaurus lain yang memiliki banyak tanduk. Fosil dinosaurus ini ditemukan secara tak sengaja oleh Pak Al Lakusta, pada tahun 1974, di Pipestone Creek, Peace Country, Kanada. Menurut para peneliti, dinosaurus ini hidup sekitar 73 juta tahun yang lalu.

undefined
Pachyrhinosaurus

Tubuh pachyrhinosaurus sangat besar. Saat dewasa, tubuhnya bisa mencapai 6 meter dengan berat 2 ton. Meski besar, ia hanya makan tanaman, lo! O iya, pachyrhinosaurus diabadikan dalam uang logam Kanada. Keren, ya!

Nah, Teman-teman, itulah 2 dinosaurus bertanduk pemakan tanaman yang Bobo ketahui. Jika kamu tahu dino-dino lainnya, tolong kasih tahu Bobo, ya!

Foto: Creative Commons – Nobu Tamura

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×