Inilah Burung yang Tidak Bisa Terbang

  • Sabtu, 30 September 2017 13:13 WIB

Kakapo | Kakapo

Saat mendengar kata burung, kamu pasti akan membayangkan hewan berbulu yang terbang bebas di langit. Padahal, ada juga burung yang tidak bisa terbang, misalnya:

Kakapo

Kakapo hidup di Selandia Baru. Burung ini masih satu spesies dengan beo, tetapi ia tidak bisa terbang seperti burung beo yang lain. Kakapo merupakan spesies beo terberat di dunia. Hal itu menjadi salah satu penyebab kenapa ia tidak bisa terbang. O iya, untuk menghindari pemangsa, kakapo akan mencari makan di malam hari.

undefined
Campbell Teal

Campbell Teal

Campbell Teal adalah itik yang ditemukan di Pulau Campbell, Selandia Baru. Itik ini punya saudara satu spesies bernama Auckland Teal. Kedua itik ini biasanya mencari makan di malam hari. Serangga dan amphipoda adalah makanan kesukaan mereka. O iya, mereka berdua tidak bisa terbang seperti itik pada umumnya.

undefined
Titicaca Grebe

Titicaca Grebe

Namanya titicaca grebe. Ia bisa ditemukan di Peru dan Bolivia, tepatnya di Danau Titicaca dan danau lain disekitarnya. Hewan menggemaskan ini memang tidak bisa terbang, tetapi ia jago berenang. Bahkan, ia juga pandai menangkap ikan kecil. Namun sayang, burung ini sering tenggelam karena jaring nelayan. Akibatnya, mereka pun jadi hewan yang terancam punah.

undefined
Kiwi

Kiwi

Kiwi adalah burung yang menjadi simbol nasional untuk Selandia Baru. Burung ini memiliki paruh panjang dan tubuh yang tidak terlalu besar. Bagian sayapnya juga kecil, tak heran kalau burung ini tidak bisa terbang. Selain itu, bulu yang menempel juga berbeda dengan bulu yang ada di sayap burung peterbang.

undefined
Kasuari

Kasuari

Kasuari adalah burung terberat di dunia. Ada tiga jenis kasuari di bumi, yakni kasuari gelambir tunggal, kasuari gelambir ganda, dan kasuari kerdil. Ketiga jenis kasuari itu tidak bisa terbang. Meski begitu, mereka punya sepasang kaki yang dilengkapi dengan cakar sepanjang 13 cm. Kaki tersebut bisa digunakan untuk menendang musuh dan berlari hingga 50km/jam. Keren, kan?

Nah, Teman-teman, itulah beberapa burung yang tidak bisa terbang.

Sumber: national geographic, Foto: Creative Commons

Reporter : willa widiana
Editor : Vanda Parengkuan

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Rumah di Rawa Kappa

2 hari yang lalu

Hantu Pencopet

18 jam yang lalu

Diuji dengan Mimpi

3 hari yang lalu

Kan Kusediakan Waktu

2 hari yang lalu

Ketika Dihukum Mama

3 hari yang lalu

Akibat Saling Mengalah

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×