Pertemanan Hewan Laut di Dunia Nyata

  • Rabu, 20 September 2017 12:40 WIB

Pertemanan Ikan Badut dan Anemon Laut | pixabay.com, Marcello Rabozzi

Dalam film Finding Nemo dan Finding Dory, beberapa hewan laut digambarkan sebagai makhluk yang bisa menjalin pertemanan erat. Kira-kira, bagaimana dengan di dunia nyata? Apakah pertemanan hewan laut di dunia nyata itu ada?

Jawabannya adalah ada! Namun, pertemanan hewan laut di dunia nyata bukan antara ikan dengan ikan saja. Pertemanan hewan laut itu jauh lebih beragam daripada yang digambarkan dalam animasi.

Selain itu, pertemanan yang terjadi di antara mahkluk laut itu biasanya menghasilkan sebuah keuntungan, entah untuk keduanya atau untuk salah satunya. Agar tidak penasaran, Bobo akan memberikan beberapa contoh pertemanan hewan laut di dunia nyata!

undefined
Pertemanan Udang Pembersih dengan Belut. | Creative Commons, Brocken Inaglory

Udang Pembersih & Ikan/belut

Udang pembersih (Lysmata amboinensis) ini biasanya berteman dengan ikan/belut laut. Dalam status pertemanan ini, si udang akan membersihkan mulut ikan/belut dari sisa-sisa makanan. Selain mulut, udang juga akan membersihkan tubuh dan insang ikan/belut laut dari jaringan mati dan juga parasit. Jadi, mulut dan tubuh si ikan/belut laut akan bersih dan udang pun akan mendapatkan makanan.

Ikan Badut dan Anemon

Ikan badut bisa menjadi mangsa bagi ikan lain, lalu anemon juga bisa menjadi mangsa bagi ikan angle atau ikan butterfly. Untuk mengatasi hal itu, ikan badut akan berlindung di antara tentakel-tentakel anemon yang mempunyai sengatan beracun. O iya, keberadaan ikan badut juga bisa melindungi anemon dari ikan angle atau ikan butterfly yang suka memakan tentakel anemon.

undefined
Pertemanan Hiu dan Ikan Remora | Creative Commons, Duncan Wright

Ikan Hiu dan ikan remora

Ikan hiu terkenal sebagai salah satu pemangsa terkuat di lautan, jadi tak heran kalau ikan hiu menjadi salah satu makhluk laut yang paling ditakuti. Meski begitu, ikan hiu punya teman bernama ikan remora yang selalu menempel di tubuh ikan hiu. Biasanya, ikan remora akan memakanan sisa-sisa makanan yang dikonsumsi oleh hiu.

Nah, Teman-teman, itulah beberapa jenis pertemanan hewan laut di dunia nyata. Keren, kan, pertemanan mereka?

Foto: Creative Commons, pixabay.com

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Jadiiā€¦ Itu Mamanya

2 hari yang lalu

Masakan Chef Misterius

1 hari yang lalu

Dua Nenek

3 hari yang lalu

Mak Yun

23 jam yang lalu

Kuningan

2 jam yang lalu

Kambing Hitam

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×