Wasabi, Satu Keluarga dengan Lobak

  • Rabu, 13 September 2017 16:16 WIB

Wasabi, Satu Keluarga dengan Lobak | Creative Commons

Saat memesan sushi, kita pasti disuguhi wasabi. Sambal unik ini berasal dari tanaman yang masih satu keluarga dengan lobak, lo.

Wasabia japonica

Wasabi berasal dari tanaman yang masih satu keluarga dengan lobak, sesawi, dan kol. Namanya Wasabia japonica. Tanaman ini hidup di daerah aliran sungai di pegunungan-pegunungan Jepang. Orang Jepang sudah menanam wasabi sejak abad ke-10 atau sekitar 200 tahun lalu.

Akar Lobak

Akar tanaman ini mirip dengan lobak. Karena hal itu, wasabi pun dijuluki lobak pedas Jepang. Untuk membuat wasabi, akar tanaman ini harus dibersihkan dulu. Setelah itu, akar akan diparut dan diolah menjadi wasabi. Nah, wasabi inilah yang disajikan di kedai sushi.

undefined
Perkebunan wasabi di Jepang.

Pedasnya Sementara

Wasabi setia mendampingi sushi dan sashimi. Oleskan sedikit saja pada sushi, pedasnya wasabi langsung membakar hidung! Pedasnya memang tidak membakar lidah seperti cabe, kepedasannya juga tidak bertahan lama seperti cabe. Kepedasannya hanya bertahan sekitar 15 menit setelah disajikan.

Wasabi Palsu

Menanam wasabi susah sekali. tanah dan cuacanya harus sesuai. Lalu, untuk memanen akar yang bagus, dibutuhkan waktu tanam 2 – 5 tahun! Makanya, harganya mahal. Gara-gara mahal, wasabi yang di restoran, kadang sambal wasabinya palsu. Maksudnya, kandungan wasabinya sedikit sekali dan dicampur dengan lobak, sesawi, dan pewarna makanan.

Kotak Fakta:

Selain dijadikan bumbu dan sambal, wasabi juga berguna untuk kesehatan. Salah satunya, zat dalam wasabi dapat melawan bakteri dalam ikan mentah, dan juga bakteri yang merusak gigi.

Teks: Lita, Foto: Creative Commons

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×