4 Kegunaan Kulit Pisang yang Mungkin Tidak Kamu Tahu

  • Rabu, 13 September 2017 14:16 WIB

Kulit pisang punya manfaat rahasia lo! Apa saja sih? | Foto: doctorshealthpress.com

Pisang memang bermanfaat untuk kesehatan. Tapi tidak hanya buahnya saja, lo. Ternyata kulit pisang mempunyai manfaat yang tidak kita ketahui! Apa saja, sih, manfaatnya?

1. Menghilangkan Iritasi

Iritasi pada kulit bisa muncul karena berbagai hal, seperti alergi. Saat iritasi, biasanya kulit akan menjadi merah dan terasa gatal. Rupanya, kulit pisang bisa membantu menghilangkan iritasi seperti ini. Sebabnya, dalam kulit pisang terkandung zat antibiotic, anti jamur, pemutih, dan antioksidan yang bisa membantu menghilangkan iritasi.

Saat mengalami iritasi, gosokan bagian dalam kulit pisang pada area tersebut. Gosok sampai serat-seratnya menempel pada kulit. Setelah itu, biarkan sepanjang malam agar meresap. Keesokan harinya cucilah menggunakan air hangat.

2. Memutihkan Gigi

Kulit pisang juga berguna untuk memutihkan gigi, lo. Cara ini berguna bagi yang suka minum kopi atau teh. Kedua minuman ini bisa membuat gigi menguning. Caranya, gosokan saja kulit pisang pada gigi setiap pagi dan malam. Kalau dilakukan rutin, gigi dapat menjadi lebih putih.

undefined
Foto: baselondon.com

3. Membuat Sepatu Berkilau

Biasanya, ayah kita suka menyemir sepatunya agar berkilau. Nah, kulit pisang juga bisa membuat sepatu yang kusam menjadi berkilau. Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu dengan menggosokan kulit pisang ke permukaan sepatu. Cara ini juga bisa digunakan untuk membuat peralatan dapur yang terbuat dari logam lebih berkilau.

4. Menghilangkan Jerawat

Kulit pisang mengandung banyak vitamin, seperti vitamin B dan C. Selain itu, kulit pisang juga mengandung zat besi, magnesium, kalium, dan fosfor. Zat-zat ini bermanfaat untuk menghilangkan jerawat juga minyak berlebih pada wajah. Setelah jerawatnya hilang, bekasnya pun dapat cepat memudar dengan menggosokan kulit pisang pada area tersebut. Gosokan kulit pisang selama kurang lebih 10 menit. Lalu biarkan selama 30 menit sampai satu jam.

Wah, ternyata manfaat kulit pisang beragam dan unik, ya. Kulit buah apalagi, ya, yang bermanfaat? Apakah kamu tahu?

Reporter : Aisha Safira
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×