5 Penyebab Timbulnya Sariawan di Mulut

  • Jumat, 21 April 2017 15:25 WIB

Penggunaan kawat gigi menjadi salah satu penyebab sariawan. (Foto: alodokter.com)

Jika kita mengalami sariawan di mulut, ini akan sangat mengganggu sekali. Rasanya nyeri dan membuat kita sulit untuk mengunyah makanan. Penyebab sariawan dapat disebabkan beberapa hal.

1. Kekurangan vitamin B12 dan juga zat besi

Selain karena kekurangan vitamin C, kekurangan vitamin B12 dan zat besi juga dapat menyebabkan seseorang mengalami sariawan pada rongga mulut.

Untuk mengurangi, atau mencegah sariawan terjadi, sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang mengandung C, vitamin B12, dan juga zat besi

2. Rongga mulut yang tergigit

Tidak hati-hati saat mengunyah makanan seringkali membuat kita tidak sengaja menggigit bibir, lidah, atau pipi bagian dalam. Hal ini menyebabkan infeksi yang kita kenal sebagai sariawan.

Waktu penyembuhan sariawan pada setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh serta asupan makanan. Jika sudah telanjur mengalami sariawan, banyak-banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, agar sariawannya cepat sembuh.

3. Kawat gigi

Kalau gigi kamu sedang dalam perawatan menggunakan kawat gigi, maka sariawan akan susah untuk dihindari. Hal ini adalah hal yang wajar karena pemasangan kawat gigi dapat menimbulkan luka di bagian gusi dan rongga mulut.

Tapi jangan khawatir, lama-kelamaan bagian rongga mulut kamu akan mengalami penyesuaian dengan kawat gigi yang dikenakan, dan sariawan yang terjadi akan semakin berkurang.

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Selembar Komik untuk Kiria

3 hari yang lalu

Cergam Bobo: Boneka Bebek

16 jam yang lalu

Tong Gendut

2 hari yang lalu

Misteri Makhluk Pulau Oahu

1 hari yang lalu

Cergam Bobo: Komedi Putar

3 hari yang lalu

Sendiri di Rumah

1 hari yang lalu

Rambut Elektrik

13 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×