Mengapa Burung Tidak Pernah Tabrakan Saat Terbang?

  • Jumat, 12 Januari 2018 16:05 WIB

Kenapa Burung Tidak Pernah Tabrakan Saat Terbang? | Dok. Majalah Bobo

Bobo.id – Beberapa burung suka hidup berkelompok. Satu kelompok bisa terdiri dari ribuat ekor burung.

Setiap tahun, kelompok burung itu akan terbang bersama-sama untuk menghindari musim dingin. Meski terbang berdekatan dalam waktu yang lama, burung-burung itu tidak pernah bertabrakan, lo!

Apa Rahasianya?

Menurut peneliti, ada dua rahasia mengapa burung tidak pernah tabrakan saat terbang bersama.

Rahasia pertama, burung selalu belok ke arah kanan. Seperti kita tahu, salah satu hal yang menyebabkan tabrakan adalah berbelok ke arah yang berlawanan.

Hampir  semua burung yang ada di dalam kelompok selalu berbelok ke arah yang sama. Jadi, saat terbang beriringan, mereka tidak akan tabrakan.

Coba bayangkan, kalau misalnya para burung berbelok ke arah yang berbeda sesuka hati mereka. Pasti akan ada banyak burung yang mengalami tabrakan ketika di udara.

Rahasia kedua, burung selalu mengubah ketinggian terbangnya. Rahasia kedua ini juga menjadi salah satu alasan mengapa burung tidak pernah tabrakan.

Meski burung selalu berbelok ke arah kanan, tabrakan masih bisa terjadi. Kemungkinan besar, tabrakan terjadi dengan burung yang tidak berbelok.

Untuk mengatasi masalah ini, burung akan mengubah ketinggian terbangnya. Ada yang terbang lebih rendah, ada juga yang lebih tinggi.

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Adikku Manis

2 hari yang lalu

Diuji dengan Mimpi

19 jam yang lalu

Ketika Dihukum Mama

14 jam yang lalu

Pertemuan di Atas Andong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×