Rahasia di Balik Karst

  • Selasa, 3 Januari 2017 11:15 WIB

Balok-balok batuan kapur untuk bahan batu alam.

Teman-teman tahu, apa itu karst? Karst adalah kawasan batuan gamping yang mudah larut bila terkena air hujan, sehingga menghasilkan berbagai bentuk permukaan bumi yang unik dan gua-gua bawah tanah. Indonesia juga kaya dengan kawasan karst, lo. Yuk, kita menguak rahasia di balik karst.
Daerah Batuan Gersang
Karst itu merupakan sebuah kawasan, yang terdiri batuan gamping yang gersang. Ciri-ciri daerah karst adalah adanya bukit-bukit kecil, terdapat aliran sungai di bawah tanah, juga terdapat gua-gua di sekitarnya, serta terdapat banyak cekungan di sekitarnya.     
Menurut penelitian, di Indonesia terdapat sekitar 15,4 juta hektar karst. Daerah karst tersebar dari Aceh sampai Papua. Salah satu kawasan karst yang terkenal adalah Gunung Kidul di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan karst ini diperkirakan terbentuk sejak 470 juta tahun yang lalu, lo.
Sumber mata air dari kawasan karst.
Sumber mata air dari kawasan karst.
Sumber Mata Air
Nah, inilah salah satu rahasia terpenting di balik karst. Kawasan yang tampak gersang dan tandus itu memiliki peran yang sangat penting, yaitu sebagai daerah penyimpan air bersih. Air bersih inilah yang akan mencukupi kebutuhan air di daerah sekitarnya. Selain menyediakan air bersih, karst juga menjadi sumber bahan tambang, yaitu batuan gamping.          
Sayangnya saat ini banyak kawasan karst yang rusak akibat penambangan yang berlebihan. Batuan karst bisa diolah menjadi aneka bahan bangunan, seperti kapur dan semen.  Akibat eksploitasai batuan karst yang berlebihan, kawasan lapisan semakin terkikis. Akibatnya simpanan air tanah di bawahnya pun jadi berkurang.
Kenapa bisa begitu? Sebab, batuan yang membentuk karst itu memiliki banyak celah dan rongga, sehingga air bisa meresap dengan baik, sampai ke lorong sungai bawah tanah. 
Nah, kalau batuan itu ditambang terus menerus, maka permukaan karst pun akan rusak dan habis. Akibatnya, cadangan air tanah akan berkurang, sehingga pada musim kemarau akan kekeringan. Sebaliknya pada musim hujan akan terjadi banjir karena lapisan karst sudah hilang.
Di Toraja, tebing batuan gamping digunakan untuk tempat pemakaman.
Di Toraja, tebing batuan gamping digunakan untuk tempat pemakaman.
Karst dan Kehidupannya          
Di Indonesia kawasan karst biasanya memiliki pemandangan yang unik dan indah. Sejak zaman nenek moyang, kawasan ini sudah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.
Mereka ada yang tinggal dan menetap di sana. Ada juga yang menambang batuannya. Bahkan ada yang melubangi tebing bukit karst menjadi makam, seperti makam batu Lemo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Karst merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Oleh sebab itu, ayo kita jaga dan cintai alam sekitar kita.

bobo
Sumber: Majalah BOBO edisi 40, 07 Januari 2016
Teks dan foto: Ricky Martin 

Reporter : Sigit Wahyu
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Adikku Manis

4 jam yang lalu

Cerita

Kue Dadar Lapis Madu

9 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Malam Cerita

12 jam yang lalu

Cerita

Makhluk Bulan Purnama

10 jam yang lalu

Cerita

MOST READ

Adikku Manis

4 jam yang lalu

Kena Batunya

1 hari yang lalu

Mama Berhati Emas

2 hari yang lalu

Bunga-Bunga yang Hilang

3 hari yang lalu

Pengarang Kecil yang Kecewa

2 hari yang lalu

Asal Tahu Caranya

3 hari yang lalu

Kue Dadar Lapis Madu

9 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×