Telinga Berdenging Saat Perjalanan Jauh

  • Senin, 19 Juni 2017 18:54 WIB

Telinga Berdenging | pixabay.com

Ketika di dalam perjalanan, pernahkah kamu merasakan ada bunyi-bunyi aneh pada telingamu?

Hal semacam itu biasanya kita alami saat kita berada di dalam perjalanan dengan waktu yang lumayan lama. Lantas, kenapa hal ini bisa terjadi, ya?

Gangguan telinga berdenging timbul karena adanya tekanan yang terjadi pada gendang telinga (tympanic membrane), serta terjadi ketidakseimbangan antara udara di luar telinga dengan jaringan di tengah telinga. Kalau dalam bahasa Inggris, gangguan telinga berdenging, dinamakan Airplane Ear, atau gangguan yang biasanya terjadi saat kita berpergian dengan pesawat terbang. Pasti tidak nyaman, ya, kalau mengalami gangguan seperti ini.

Berikut ini ada tips mengatasi gangguan telinga berdenging.

1. Mengunyah

Dengan menggoyang-goyangkan mulut, kamu bisa mengatasi gangguan berdenging pada telingamu. Karena dengan mengunyah, secara otomatis saluran eusthacius akan membuka dan menutup. Lalu air liur yang ditelan dari hasil kunyahan bisa menghilangkan dengingan pada telinga. Kamu bisa menyiapkan permen atau makanan ringan lainnya.

2. Minum

Kalau cara pertama tidak membantu mengurangi dengingan di telinga, kamu bisa mencoba dengan minum air. Ada baiknya minumlah air dengan jumlah banyak, karena gerakan menelan dapat mengurangi gangguan telinga berdenging.

3. Gerakan menguap

Cara ketiga adalah dengan menguap selebar-lebarnya. Lakukan dengan teratur, ya, agar dapat mengurangi gangguan di telinga.

4. Menutup hidung dan mulut

Nah, kalau cara di atas masih belum menguarangi gangguan di telingamu. Cara yang satu ini bisa kamau praktikkan, yakni menutup hidung dan mulut. Tutuplah hidung mulut bersamaan, lalu hembuskan napas secara perlahan melalui hidung. Bila berhasil, tekanan udara pada telinga akan keluar.

Kalau mengalami telinga berdenging, tak perlu khawatir. Lakukan cara-cara di atas, ya!

Foto : pixabay.com

Reporter : Marisa Febrilian
Editor : Marisa Febrilian

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Maguette, Si Putri Pemarah

12 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Ditukar dengan Singkong

15 jam yang lalu

Cerita

Pisang Lompat Tali

18 jam yang lalu

Cerita

Pohon Topi

16 jam yang lalu

Cerita

Dibayar dengan Senyum

8 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×