Burung Paling Langka dengan Penampilan yang Unik Berhasil Ditemukan

By Tyas Wening, Jumat, 28 Desember 2018 | 15:46 WIB
Burung Stresemann's Bristlefront (American Bird Conservacy)

Bobo.id - Seekor burung paling langka di Bumi berhasil ditemukan oleh para peneliti setelah melakukan pencarian selama berbulan-bulan.

Burung ini bernama Stresemann's Bristlefront yang memiliki ukuran sedang, berekor panjang, dan mempunyai bulu yang khas di dahinya.

Selain mempunyai penampilan yang menarik, burung ini juga mempunyai suara cuitan yang berbeda dari spesies saudaranya, lo, yaitu Slaty Bristlefront.

 

Burung Stresemann's Bristlefront betina terlihat pada 12 dan 14 Desember yang lalu dan memberikan harapan bagi para peneliti untuk menyelamatkan burung ini.

Baca Juga : Buah Sawo, Si Cokelat Berdaging Lembut dan Manis

Penyebab burung Stresemann's Bristlefront menjadi langka habitatnya, yaitu hutan hujan yang menyusut, kebakaran hutan, dan perubahan iklim.

Burung Stresemann's Bristlefront hanya ditemukan di wilayah terpencil di timur Brasil dan pertama kali terlihat pada sekitar tahun 1830-an.

Setelah ditemukan pertama kali, Stresemann's Bristlefront ternyata beberapa kali menghilang dari pengamatan para peneliti, lo, teman-teman.

Setelah penampakannya yang pertama, burung ini menghilang dan baru terlihat lagi pada pertengahan abad ke-20 dan spesimennya berhasil dikumpulkan.