Merasa Terganggu dengan Suara Tertentu? Bisa Jadi Mengalami Misophonia

By Tyas Wening, Jumat, 4 Januari 2019 | 18:10 WIB
Misophonia, ternganggu akibat mendengar suara tertentu (Pixabay)

Bobo.id - Saat mendengar suara-suara tertentu seperti suara teriakan, suara klakson kendaraan, bahkan suara mengunyah makanan, kita bisa merasa terganggu.

Suara ini akan trasa semakin menganggu bagi orang-orang yang mengalami misophonia, nih, teman-teman. Apa itu misophonia?

Misophonia dapat diartikan sebagai kebencian terhadap suara, lo, yaitu sebuah kondisi di mana suara menjadi pemicu reaksi yang dialami oleh penderitanya.

Kondisi misophonia juga diketahui sebagai sindrom sensitivitas selektif suara, yaitu kondisi di mana kita terganggu saat mendengar suara-suara tertentu.

Baca Juga : Banyak Orang Tak Suka Bau Amis Ikan, Kenapa Ikan Bau Amis?

Bahkan untuk kondisi yang sudah parah, suara-suara kecil saja bisa memicu gangguan ini, lo, seperti suara mengecap saat makan bahkan mengetuk meja.

Hal yang biasanya dialami oleh penderita misophonia ini adalah gangguan kecemasan dan juga rasa panik saat mendengar suara-suara yang menganggu.

Selain itu, ada juga yang mengalami keluhan fisik, seperti sakit kepala, nyeri dada, dan juga meningkatnya rasa kaku otot yang menyebabkan rasa nyeri di seluruh tubuh.

Tapi ada juga penderita yang dilaporkan mengalami sesak napas dan juga tangan yang berkeringat saat mendengar suara tertentu yang mengganggu.