Seekor Elang Bondol Terjatuh di Kali Grogol, Apa Sebabnya?

By Tyas Wening, Selasa, 8 Januari 2019 | 17:21 WIB
Petugas UPK Badan Air Jakarta Utara menemukan elang bondol jatuh di Kali Grogol (Dokumentasi/UPK Badan Air Jakarta Utara)

Bobo.id - Petugas kebersihan yang sedang bertugas membersihkan Kali Grogol, Jakarta,  menemukan seekor burung elang yang jatuh ke sungai.

Saat petugas sedang membersihkan Kali Grogol, burung elang tersebut sedang terbang dan kemudian jatuh ke sungai.

Setelah diselidiki, ternyata elang yang jatuh ke aliran Kali Grogol ini adalah jenis elang bondol yang menjadi maskot kota Jakarta, nih, teman-teman.

Elang bondol yang merupakan maskot kota Jakarta ini mengalami penurunan jumlah yang drastis karena adanya perubahan habitat.

Baca Juga : 8 Fakta Penguin Adelie yang Bisa Berenang Sedalam 180 Meter

Dikutip dari Kompas.com, Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta, Nani Rahayu mengatakan kalau elang bondol sudah tidak lagi ditemukan di empat kawasan konservasi.

Selain itu, sejak tahun 2013 yang lalu, elang bondol juga sudah tidak lagi ditemukan di Suaka Margasatwa Muara Angke.

Salah seorang petugas UPK Badan Air mengatakan kemungkinan elang bondol tersebut jatuh ke sungai karena usianya yang masih kecil.

Karena usianya yang masih kecil, elang ini diduga belum pandai terbang. Saat terjatuh ke sungai, elang ini juga tidak terbang dengan tinggi.