Selain Membuat Dinosaurus Punah, Asteroid Juga Menyebabkan Tsunami

By Tyas Wening, Selasa, 8 Januari 2019 | 18:18 WIB
Asteroid. (iStockphoto/ratpack223)

Bobo.id - Lebih dari 65 juta tahun yang lalu, asteroid besar yang bertabrakan dengan Bumi membuat dinosaurus punah.

Ternyata peristiwa jatuhnya asteroid yang bernama Chicxulub ini tidak hanya membuat dinosaurus punah saja, lo, teman-teman.

Jatuhnya asteroid ini ke Bumi juga menyebabkan terjadinya tsunami dengan ketinggian mencapai hampir satu mil atau sekitar 1 kilometer.

Temuan terbaru menyebutkan kalau tsunami tersebut menyebar melalui Teluk Meksiko dan menyebabkan kekacauan di seluruh dunia, nih, teman-teman.

Baca Juga : Unik! Awan Kelvin Helmholtz Ini Bentuknya Seperti Gelombang Laut

Asteroid Chicxulub dengan panjang 14 kilometer ini disebut menyebabkan tsunami global yang sangat besar dan belum pernah terjadi dalam sejarah modern.

Penemuan ini didapatkan oleh para peneliti setelah membuat permodelan tsunami secara global mulai dari dampak sampai akhir perambatan gelombang.

Para peneliti sebelumnya sudah mengetahui, nih, kalau asteroid Chicxulub menghantam air dangkal yang ada di Teluk Meksiko. 

Namun, mereka belum mengetahui seberapa besar dampak yang ditimbulkan.

Baca Juga : Mengapa Sering Terjadi Angin Kencang pada Akhir Tahun 2018?

Karenanya, mereka mulai meneliti kerak bumi yang membentuk kawah, gelombang kacau yang ditimbulkan dari ledakan awal, dan juga gelombang yang yang kembali ke air.

Permodelan yang dibuat oleh para peneliti ini merinci dampak setelah 10 menit asteroid besar tersebut jatuh, yaitu saat kawah tersebuk memiliki kedalaman sekitar 1,5 kilometer.

Karena ledakannya begitu kuat, belum ada air yang mengisi kawah tadi.