Coral Triangle, Kawasan Karang Luas yang Jadi Tempat Tinggal Banyak Hewan Laut

By Tyas Wening, Jumat, 15 Februari 2019 | 15:42 WIB
Kawasan karang segitiga di Banda Neira, Indonesia (Juergen Freund)

Bobo.id - Laut tidak hanya dihuni oleh makhluk laut seperti ikan saja, teman-teman, tapi ada juga terumbu karang yang termasuk sebagai salah satu ekosistem bawah laut.

Terumbu karang terbentuk dari kumpulan binatang karang yang membentuk susunan kalium karbonat seperti batu kapur.

Salah satu fungsi terumbu karang adalah sebagai tempat tinggal hewan-hewan laut, tumbuhan laut, dan berbagai mikroorganisme laut lainnya.

Kebanyakan terumbu karang hidup di pinggir pantai atau daerah yang masih terkena cahaya matahari, misalnya sekitar 50 meter di bawah permukaan laut.

Baca Juga : Perubahan Iklim Akan Mengubah Warna Laut, Apa Sebabnya?

Meski begitu, ada juga terumbu karang yang bisa hidup jauh di dalam laut dan tidak memerlukan cahaya. Terumbu karang ini tidak bersimbiosis dengan zooxanthellae dan tidak membentuk karang.

Zooxanthellae adalah alga bersel satu yang hidup di jaringan tubuh karang batu. Zooxanthellae ini memiliki hubungan simbiosis yang menguntungkan atau simbiosis mutualisme.

Zooxanthellae akan menerima berbagai nutrisi penting dari karang, sedangkan karang akan mendapat sejumlah keuntungan berupa hasil fotosintesis seperti gula, asam amino, dan oksigen.

Nah, di dasar laut terdapat sebuah kawasan terumbu karang bernama coral triangle yang menjadi tempat tinggal berbagai macam hewan laut.