Asal-usul Nama Hari dalam Bahasa Inggris dari Dewa-dewi yang Mewakili Benda Langit (Bag. 2)

By Tyas Wening, Selasa, 2 April 2019 | 14:40 WIB
Nama hari dalam bahasa Inggris berdasarkan nama dewa-dewi yang mewakili benda langit (pexels)

Bobo.id - Ada tujuh hari dalam satu minggu yang setiapa harinya memiliki nama yang berbeda-beda, teman-teman.

Nama hari dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris juga berbeda, lo, seperti hari Minggu yang disebut Sunday dalam bahasa Inggris.

Bobo sudah menuliskan, nih, kalau nama-nama hari dalam bahasa Inggris ternyata berasal dari nama benda langit yang merupakan pencampuran adaptasi bahasa dan budaya Romawi, Jerman, serta Norse.

Misalnya hari Senin yang berasal dari adaptasi budaya Norse pada bulan, atau hari Selasa yang dinamakan berdasarkan Dewa Tiw, yang disamakan dengan Mars yang merupakan dewa perang Romawi dan dijadikan nama planet Mars.

Nah, hari-hari lainnya, yaitu hari Rabu hingga Sabtu juga dinamakan berdasarkan benda langit yang namanya berasal dari nama dewa-dewi kebudayaan Romawi, lo.

Baca Juga : Wah, Bantal Pertama Ternyata Terbuat dari Batu! Bagaimana Sejarahnya?

Hari Rabu (Wednesday)

Wednesday atau hari Rabu dikaitkan dengan beberapa hal, nih, teman-teman, yaitu kebijaksanaan, sihir, kemenangan, hingga kematian.

Nama Wednesday diambil dari bahasa Inggris Kuno, yaitu Wōdnesdæg yang berhubungan dengan planet Merkurius.

Hari Rabu disebut juga sebagai Wouden day, yang diambil dari kepercayaan terhadap Wōden atau Odin, yaitu penguasa kerajaan para dewa bangsa Norse.

Nah, Wōden atau Odin ini merupakan dewa yang berkaitan dengan sihir, kebijaksanaan, kemenangan, dan kematian.

Bangsa Romawi mengaitkan hari Rabu dengan planet Merkurius karena Odin dan dewa Merkurius dianggap sebagai penuntun untuk jiwa-jiwa setelah kematian.