Menjadi Alat Musik Berukuran Besar, Ini Dia 3 Organ Pipa Terkenal di Dunia

By Tyas Wening, Selasa, 16 April 2019 | 18:13 WIB
Organ pipa di gereja St. Stephen (Wikimedia Commons)

Bobo.id - Ada berbagai alat musik yang bisa kita mainkan untuk menghasilkan musik yang indah, teman-teman.

Ukuran alat musik juga bermacam-macam, lo, mulai dari yang berukuran kecil seperti harmonika, hingga yang besar seperti harpa atau piano.

Namun ternyata ada alat musik yang lebih besar dari kedua alat musik tadi, lo, bahkan ukurannya bisa sangat tinggi hingga mencapai 10 meter.

Alat musik tersebut adalah organ pipa yang menghasilkan suara dengan cara mengembuskan udara dari tabung pipa yang dikontrol melalui tuts organ.

Baca Juga : Buku Anak yang Paling Banyak Diterjemahkan ke Bahasa Lainnya #AkuBacaAkuTahu

Sesuai namanya, organ pipa terdiri dari sejumlah pipa yang disebut juga cerobong, tuts wara itam putih yang digunakan untuk mengatur udara yang keluar, pedal kaki, dan stop yang berfungsi mengatur pasokan udara yang masuk ke dalam pipa.

Identik Sebagai Alat Musik di Gereja

Organ pipa yang juga sering disebut sebagai orgel terkenal sebagai alat musik yang identik sebagai alat musik gereja, terutama gereja-gereja yang sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun.

Hal ini diperkirakan karena pada tahun 812, Charlemagne, anak dari Pepin the Short, raja orang Francia yang merupakan kumpulan orang-orang Jerman, meminta organ pipa yang sama dengan milik ayahnya untuk dibangun di kapel atau gereja kecil miliknya.