Ablutofobia, Fobia Spesifik pada Aktivitas Mandi Hingga Mencuci

By Tyas Wening, Senin, 22 April 2019 | 15:29 WIB
Ilustrasi anak mandi. (Pxhere)

Bobo.id - Mandi merupakan cara yang kita lakukan agar tubuh menjadi bersih, harum, dan tidak lengket karena keringat setelah seharian beraktivitas.

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang menyebabkan kita lebih mudah berkeringat. Oleh sebab itu, kita biasanya mandi dua kali sehari saat pagi sebelum beraktivitas dan sore hari setelah tubuh kotor karena beraktivitas seharian.

Kalau kita tidak mandi seharian, pasti tubuh terasa lengket, kotor, dan berbau tidak sedap, nih, teman-teman.

Namun ternyata ada sebuah fobia atau ketakutan berlebihan terhadap mandi, lo, sehingga orang yang mengalami fobia ini akan merasa takut saat harus mandi, membersihkan sesuatu, maupun mencuci.

Ketakutan berlebihan atau fobia ini disebut sebagai ablutofobia, yaitu gangguan kecemasan atau ketakutan berlebihan terhadap mandi, membersihkan, atau mencuci.

Baca Juga : Ide Sering Muncul Saat Kita Sedang Mandi, Kok Bisa Begitu, ya?

Ablutofobia, Fobia Spesifik Terhadap Mandi

Ada berbagai jenis fobia, seperti fobia darah, ketinggian, jarum suntik, maupun ruangan sempit, teman-teman.

Selain beberapa fobia tadi, ada fobia mandi yang disebut sebagai ablutofobia dan termasuk sebagai salah satu fobia spesifik.

Fobia spesifik adalah ketakutan yang tidak masuk akal dan berpusat di sekitar atau sebuah peristiwa tertentu dan bisa mengganggu aktivitas atau kehidupan penderitanya.