Merupakan Kebiasaan Buruk, Makan Sambil Tiduran Menimbulkan 3 Risiko Ini

By Tyas Wening, Senin, 22 April 2019 | 17:35 WIB
Makan sambil tiduran merupakan kebiasaan buruk (Pixabay)

Bobo.id - Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat bersantai di rumah, nih, teman-teman, seperti menonton televisi sambil memakan camilan.

Biasanya saat sudah berada dalam posisi yang santai, kita menjadi tidak sadar kalau kita sudah berada dalam posisi tiduran sambil tetap memakan camilan yang sudah kita siapkan.

Wah, padahal makan sambil tiduran, baik itu dalam posisi tengkurap maupun telentang, sama-sama tidak baik untuk kesehatan, teman-teman.

Meskipun merupakan kebiasaan buruk, ternyata makan sambil berbaring atau tiduran sudah dilakukan sejak masa Romawi Kuno oleh para bangsawan, lo.

Bahkan makan sambil tiduran yang dilakukan oleh bangsawan Romawi Kuno ini merupakan tanda kekuasaan dan kemewahan yang biasanya berlangsung saat dilangsungkan sebuah pesta.

Apa saja risiko yang bisa timbul kalau kita makan sambil tiduran, ya?

Baca Juga : Berbagi Makan dan Minum Saat Pilek Bisa Tertular? #AkuBacaAkuTahu

Menyebabkan Tersedak

Sebelum masuk ke saluran pencernaan, makanan harus melalui tenggorokan dulu, teman-teman.

Nah, di tenggorokan terdapat dua saluran, yaitu saluran untuk pernapasan dan saluran untuk pencernaan yang dipisahkan katup bernama epiglotis.

Saat kita harus menelan makanan, maka saluran untuk pernapasan akan tertutup, sehingga makanan tidak akan salah masuk ke saluran pernapasan.

Namun bisa saja makanan salah masuk ke dalam saluran pernapasan di tenggorokan karena berbagai faktor, nih, teman-teman.