Naskah Voynich, Buku Misterius yang Tidak Dimengerti, Apa Isinya, ya? #AkuBacaAkuTahu

By Tyas Wening, Selasa, 9 Juli 2019 | 18:45 WIB
Naskah Voynich yang misterius (ancient-origins.net)

Bobo.id - Ketika membaca buku berbahasa asing yang bahasanya belum kita mengerti, hal yang teman-teman lakukan pasti membuka kamus untuk mencari arti dari bahasa yang ada di buku itu.

Namun bagaimana, ya, kalau buku yang teman-teman miliki tidak diketahui bahasanya dan tidak ada dalam kamus apapun?

Nah, inilah yang dialami oleh para peneliti saat mendapatkan buku yang disebut sebagai Naskah Voynich.

Peneliti yang mendapatkan naskah ini tidak bisa mengetahui apa yang tertulis di naskah Voynich karena bahasanya tidak dimengerti. Wah, memangnya apa, ya, isi dari naskah ini?

Baca Juga: Istana Ini Sebenarnya Terdiri dari 5 Lantai, 4 Lantainya Tersembunyi di Dalam Air

Buku Setebal Hampir 250 Halaman yang Tidak Dimengerti Isinya

Di perpustakaan Yale University yang menyimpan berbagai buku langka dan naskah, terseimpan sebuah buku setebal hampir 250 halaman yang tercatat ditulis tahun 1420.

Namun berbeda dengan buku lainnya, buku yang terdiri dari berbagai tulisan dan gambar ini tidak dimengerti isinya, nih, teman-teman.

Naskah yang tidak dimengerti isinya ini pertama kali diketahui keberadaannya oleh seorang warga Praha bernama Georgius Barschius yang menulis surat kepada seorang warga Roma bernama Athanasius Kircher.

Dalam surat yang dituliskan oleh Barschius, ia menuliskan kalau dirinya punya naskah aneh yang dipenuhi dengan gambar atau ilustrasi tanaman, bintang, dan rahasia kimia yang disertai dengan naskah yang tidak dikenal.