Ikut Lestarikan Bahasa Indonesia, Jurnalis Bobo.id Terpilih Sebagai Duta Bahasa Favorit Jawa Tengah

By Tyas Wening, Sabtu, 13 Juli 2019 | 17:57 WIB
Kak Cynthia Paramitha Trisnanda, jurnalis Bobo.id terpilih menjadi Duta Bahasa Favorit Jawa Tengah 2019 (Dok. Pribadi/Cynthia Paramitha Trisnanda)

Bobo.id - Apakah teman-teman pernah mendengar istilah 'bahasa ibu'? Bahasa ibu adalah bahasa asli atau bahasa pertama yang dipelajari seseorang saat ia sudah bisa berbicara.

Nah, karena kita tinggal di Indonesia, maka bahasa ibu yang kita pelajari dan gunakan sehari-hari untuk berkomunikasi adalah bahasa Indonesia.

Meskipun bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu yang diajarkan kepada kita, kita juga mempelajari bahasa lain. 

Banyak dari kita yang juga memperlajari bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris, nih, teman-teman. Apakah teman-teman adalah salah satunya?

Baca Juga: Naskah Voynich, Buku Misterius yang Tidak Dimengerti, Apa Isinya, ya? #AkuBacaAkuTahu

Menguasai bahasa asing memang penting, karena bisa membuat kita lebih percaya diri dalam berkomunikasi. Mempelajari bahasa asing juga dapat meningkatkan kemampuan beberapa bagian otak tertentu pada anak-anak.

Karena itu, banyak yang tertarik untuk mempelajari bahasa asing. 

Sayangnya, bahasa asing justru lebih banyak digunakan dibandingkan bahasa ibu yang kita pelajari sejak kecil.

Alasannya adalah karena bahasa asing seperti bahasa Inggris saat ini disebut sebagai bahasa internasional yang memudahkan proses komunikasi dengan dunia yang lebih luas.

Akibatnya, kita kadang-kadang lupa untuk lebih banyak berbicara dengan bahasa ibu kita, yaitu bahasa Indonesia, nih, teman-teman.