Selain Polusi Udara, Polusi Suara Juga Berbahaya untuk Tubuh, lo!

By Tyas Wening, Selasa, 13 Agustus 2019 | 20:15 WIB
Ilustrasi menutup telinga karena tidak menyukai suara kuku yang menggaruk kapur (Creative Commons)

Bobo.id - Beberapa waktu yang lalu, ibu kota Indonesia, yaitu Jakarta menjadi kota dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia.

Wah, padahal polusi udara yang tinggi ini bisa memengaruhi kesehatan kita, teman-teman. Salah satunya adalah menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari paparan polusi udara adalah dengan menggunakan masker khusus yang bisa membantu menyaring udara. Sehingga udara yanag kita hirup menjadi lebih bersih.

Polusi yang ada di sekitar kita ternyata bukan hanya berupa polusi udara saja, nih, teman-teman, tapi juga ada polusi suara.

Meskipun tidak terlihat langsung bentuknya seperti polusi udara yang membuat kualitas udara menjadi buruk, polusi suara juga berbahaya bagi tubuh kita, lo.

Baca Juga: Anak-Anak Bisa Mengalami Tekanan Darah Rendah, Apa Penyebab Tekanan Darah Rendah, ya?

Berbagai Polusi Suara Berbahaya Bagi Pendengaran

Ketika berangkat atau pulang sekolah, teman-teman mungkin mendengar berbagai suara, seperti suara klakson atau suara mesin kendaraan.

Polusi suara bisa diartikan sebagai suara yang mengganggu atau tidak diinginkan sehingga bisa mengurangi kualitas hidup kita.

Berbagai suara yang kita dengarkan di jalanan, suara musik yang keras, atau suara yang dikeluarkan hewan adalah polusi suara, teman-teman.

Baca Juga: Bisa Berkomunikasi, Bagaimana Cara Kerja Telepon? #AkuBacaAkuTahu

Teman-teman pasti sadar, kalau setiap harinya kita dikelilingi berbagai suara, ada suara yang nyaman untuk didengarkan, tapi ada juga suara yang membahayakan pendengaran kita.