Pernah Coba Asparagus? Bermanfaat untuk Mencegah Diabetes, lo!

By Avisena Ashari, Minggu, 18 Agustus 2019 | 11:30 WIB
Asparagus hijau yang disajikan dengan telur (MaxPixel's contributors)

Bobo.id - Sayuran apa yang paling kamu suka? Apa kamu sudah pernah mencoba asparagus?Meski dikenal sebagai sayuran, sebenarnya asparagus ini satu keluarga dengan tumbuhan lili, lo!Asparagus sering dijadikan pendamping lauk pauk atau dijadikan sup, teman-teman.Tumbuhan asparagus sering dimanfaatkan dari akar hingga tunasnya, nih.Bagian tumbuhan asparagus biasanya dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Asparagus juga bisa dimanfaatkan sebagai obat luar untuk mengeringkan luka.Jika dikonsumsi, asparagus punya banyak manfaat baik bagi tubuh, lo.Yuk, cari tahu manfaat asparagus untuk tubuh kita!1. Melancarkan Pencernaan

Asparagus mengandung inulin, teman-teman. Inulin adalah jenis karbohidrat kompleks atau dikenal juga sebagai prebiotik.Inulin berfungsi untuk membantu peningkatan penyerapan nutrisi dan juga memiliki sifat pencahar yang dapat membantu kelancaran fungsi usus, serta mengatasi perut kembung, sembelit, diare, dan disentri.

2. Menjaga Kadar Asam Amino dalam Darah

Asparagus kaya akan vitamin B yang dapat membantu menjaga kadar asam amino dalam darah.Kekurangan vitamin B dalam tubuh, dapat meningkatkan kadar asam amino ​​dan meningkatkan berbagai risiko kesehatan, seperti kerusakan pembuluh darah, pengerasan pembuluh darah, dan gangguan jantung lainnya.

Baca Juga: Tidak Suka Sarapan? Sarapan Bisa Menurunkan Risiko Diabetes dan Meningkatkan Fokus, lo!