Tidak Perlu Khawatir, 3 Penyakit Kulit Ini Tidak Menular, kok!

By Tyas Wening, Rabu, 4 September 2019 | 15:00 WIB
Gatal sampai merah. (Kwangmoozaa/iStockphoto)

Bobo.id - Ada beberapa penyakit yang menular. Kalau sudah begitu, biasanya kita akan menghindari seseorang yang mengalami sakit itu agar tidak tertular.

Beberapa penyakit yang menular adalah flu, pilek, maupun batuk. Namun ada juga penyakit lain yang menular, yaitu penyakit kulit seperti cacar air atau kusta.

Meskipun ada penyakit kulit yang menular, tapi ada juga, kok, penyakit kulit yang tidak menular.

Karena tidak menular, maka kita tidak perlu takut berdekatan dengan orang yang memiliki penyakit kulit tadi, teman-teman.

Baca Juga: Ini 3 Gangguan Pencernaan yang Sering Ditandai dengan Sakit Perut

Penyakit Kulit Tidak Menular Tidak akan Berpindah ke Orang Lain

Berbeda dengan penyakit menular seperti flu, batuk, atau cacar air yang bisa menular dengan mudah, penyakit kulit yang tidak menular, tidak akan berpindah dari satu orang ke orang lainnya.

Penyakit kulit tidak akan berpindah ke orang lain melalui kontak langsung maupun kontak tidak langsung.

Kontak langsung misalnya paparan dari sentuhan kulit, misalnya berjabat tangan, sedangkan kontak tidak langsung adalah pemakaian barang orang yang mengalami sakit itu.

Biasanya ketika ada seseorang yang mengalami penyakit menular, kita disarankan untuk tidak berdekatan lebih dulu, karen virus penyakit bsia menular melalui udara.

Baca Juga: Apa Hubungan Antara Telinga dan Keseimbangan Tubuh, ya? #AkuBacaAkuTahu

Selain itu, virus penyakit juga bisa menular melalui pemakaian barang-barang secara bersama-sama, seperti alat makan atau alat mandi.

Nah, kalau di sekitar teman-teman ada yang mengalami tiga penyakit kulit ini, maka kita tidak perlu khawatir, karena penyakit kulit ini merupakan penyakit kulit yang tidak menular.