Jika Merasakan Gejala Virus Corona, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

By Avisena Ashari, Kamis, 5 Maret 2020 | 16:00 WIB
Ilustrasi gejala COVID-19 (kwanchaichaiudom/iStockphoto)

Bobo.id – Gejala virus corona penyebab COVID-19 bisa mirip seperti gejala pilek, flu, atau gangguan pernapasan.

Selain menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir bersih, menjaga daya tahan tubuh penting juga untuk dilakukan dalam menjaga diri dari virus corona 2019-nCoV.

Namun, bagaimana jika tetap tertular dan merasakan gejala virus corona atau gejala penyakit COVID-19 dari virus corona 2019-nCoV?

Ada baiknya kita memperhatikan jika terinfeksi gejala virus corona apa saja yang bisa terjadi dan mengetahui apa yang harus dilakkan jika gejala itu timbul.

Gejala Penyakit COVID-19

Penyakit COVID-19 adalah gangguan atau penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus corona 2019 n-CoV.

Gejala penyakit COVID-19 ini beragam, mulai dari gejala ringan hingga pneumonia.

Seseorang yang terinfeksi coronavirus 2019-nCoV bisa merasakan gejala berupa demam; gejala mirip pilek yaitu batuk, bersin, sakit tenggorokan, dan kelelahan; hingga napas pendek atau kesulitan bernapas.

Yang Harus Dilakukan Jika Merasakan Gejala Infeksi Coronavirus 2019-nCoV

Memeriksakan Gejala

Jika merasakan gejala-gejala di atas, pertama-tama kita harus menyampaikannya pada orang tua supaya bisa diantar ke fasilitas kesehatan terdekat untuk diperiksa.

Menurut Centers of Disease Control and Prevention (CDC), sebaiknya orang yang merasakan gejala tetap di rumah dan tidak pergi ke tempat umum, kecuali untuk memeriksakan kesehatan. Saat memeriksakan diri pun sebaiknya menghindari penggunaan transportasi umum.

Sebaiknya sebelum ke dokter atau rumah sakit, hubungi dokter untuk memberitahukan gejala COVID-19 itu, sehingga bisa dipersiapkan langkah untuk mencegah orang lain tertular di tempat yang dituju.

Baca Juga: Ada Anjing yang Dikarantina di Hong Kong, Apakah Hewan Peliharaan Bisa Terinfeksi Coronavirus?