Ada Berbagai Bentuk Akar, Salah Satunya Akar yang Menggantung dari Atas Tumbuhan

By Tyas Wening, Senin, 18 Mei 2020 | 16:00 WIB
Singkong termasuk tumbuhan dengan bentuk akar tunggang (pixabay/Brett Hondow)

Bobo.id - Bentuk akar pada setiap tumbuhan ternyata berbeda-beda. Biasanya, kita mengetahui bahwa akar berada di dalam tanah.

Fungsinya adalah untuk menyerap nutrisi pada tanah dan menyalurkannya ke seluruh bagian tumbuhan.

Namun ternyata ada akar yang tidak berada di dalam tanah, bahkan akar yang tidak berada di dalam tanah ini menggantung dari bagian atas pohon.

Kalau bentuk akar berbeda-beda pada setiap tumbuhan, apakah fungsi dan tugas akar tetap sama, yaitu memberikan nutrisi untuk tumbuhan? Cari tahu berbagai bentuk akar dan fungsinya, yuk!

Baca Juga: Ada yang Aromanya Seperti Pisang, Cari Tahu Serba-serbi Bunga Cempaka, Bunga Harum yang Ada di Lagu Bungong Jeumpa

1. Akar Tunggang 

Fungsi akar yang kita ketahui adalah untuk menyimpan makanan, atau mendistribusikan makanan ke bagian tumbuhan yang lain.

Nah, fungsi akar untuk menyimpan makanan bisa kita temui pada bentuk akar tunggang, yang dimiliki oleh tumbuhan dikotil.

Bentuk dari akar tunggang adalah lurus ke bawah maupun menyirip dan akan terus tumbuh memanjang dan membesar.

Akar lembaga pada tumbuhan dengan akar tunggang nantinya akan berkembang jadi akar pokok, yang akan berkembang lagi menjadi bercabang dan berukuran lebih kecil.

Karena akar tunggang menyimpan makanan untuk tumbuhannya, maka bentuk akar tunggang bisa kita konsumsi. Contohnya seperti singkong, ubi, wortel, dan berbagai umbi-umbian lainnya.