Isi Liburan di Rumah, Yuk Eksperimen Sains Gunakan Bahan Sederhana di Dapur

By Nana Triana, Rabu, 8 Juli 2020 | 10:18 WIB
Ilustrasi seorang ibu dan kedua anaknya di dapur. (Dok. Shutterstock)

Biasanya ketika libur sekolah tiba, teman-teman sudah bersiap-siap berwisata bersama orangtua. Pergi ke tempat-tempat wisata seru baik di dalam kota atau di luar kota.

Namun, tahun ini liburan sekolah agak berbeda ya teman-teman karena harus dihabiskan di rumah saja. Nah, supaya teman-teman tidak bosan, yuk lakukan kegiatan yang seru dan bermanfaat. Misalnya saja belajar dan bereksperimen sains sederhana.

Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan sederhana seperti bahan-bahan memasak. Nah, supaya lebih aman dan seru ajak ibu untuk ikut serta bereksperimen. Eksperimen apa saja yang bisa kamu buat? Banyak!

Beberapa di antaranya model erupsi gunung berapi. Gunakan bahan-bahan yang ada di dapur seperti baking soda, sabun, pewarna makanan, dan gelas kecil sebagai penampang magma-nya. Nah, bersama orangtua, kakak, atau adik kamu bisa bersama-sama membentuk plastisin menjadi gunung berapinya.

Baca Juga: Mengisi Kegiatan di Rumah, Lakukan Percobaan Merica dan Sabun, yuk!

Kamu juga bisa melakukan percobaan dengan ragi untuk mengetahui sebenarnya bagaimana sih proses pembuatan roti dari adonan hingga mengembang besar seperti yang sering tersaji di meja makan? Bisa juga membuat slime sendiri dari bahan-bahan masakan yang aman.

Melakukan eksperimen ini bersama ibu, ayah, atau saudaramu akan jadi kegiatan seru. Selain itu, manfaat lainnya kamu memperoleh pengetahuan baru serta melatih kemampuan motorik dari kegiatan seperti menuang, mengaduk, dan memotong berbagai bahan yang digunakan.

Jika perlu ide percobaan apa yang bisa kamu lakukan saat ini ada program menarik persembahan Mola TV, yakni Kitchen Science. Pada program tersebut teman-teman diajarkan untuk mempraktikkan percobaan mudah dan menyenangkan di dapur.

Dengan meniru eksperimen yang dilakukan di program Kitchen Science, teman-teman juga dapat mengenal konsep science dengan cara sederhana yang terjadi di sekitar kita.

Baca Juga: Yuk, Ikuti Mola Kids Kitchen Science Family Challenge, Kompetisi Eksperimen di Dapur Menggunakan Bahan Sederhana di Rumah!

Nah, tidak hanya itu, teman-teman juga bisa mengikuti kompetisi yang diadakan oleh Mola TV berjudul Mola Kids Kitchen Science.

Kompetisi ini berupa family challenge atau tantangan keluarga, yang artinya teman-teman bisa melakukannya bersama keluarga di rumah. Kompetisi ini hanya akan berlangsung hingga 10 Juli 2020 Mendatang lho teman-teman.