Rangkuman dan Soal Organ Gerak pada Hewan dan Manusia, Materi Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4 - 6

By Tyas Wening, Selasa, 21 Juli 2020 | 08:54 WIB
Ular bergerak dengan cara melata (Pixabay)

Bobo.id - Setiap hari, kita pasti bergerak, baik itu berjalan, melakukan aktivitas, mengambil barang, maupun melakukan gerakan lain.

Nah, pada program Belajar dari Rumah di TVRI hari ini, teman-teman kelas 4 - 6 belajar mengenai organ gerak hewan dan manusia.

Bagi teman-teman yang tidak sempat menyaksikan tayangan Belajar dari Rumah hari ini, maka bisa menyimak ringkasan dan soalnya di sini.

Yuk, simak ringkasan dan soal materi Organ Gerak pada Hewan dan Manusia!

Baca Juga: Apa Saja Tiga Aktivitas Manusia yang Bisa Mengakibatkan Terjadinya Krisis Air?

Organ Gerak Hewan dan Manusia

Makhluk hidup punya ciri selalu bergerak. Bergerak ini dapat diartikan sebagai kegiatan berpindah tempat atau berubah posisi baik sebagian atau seluruh tubuh.

O iya, manusia punya kesamaan dengan hewan dalam bergerak, yaitu menggunakan organ gerak untuk bergerak, seperti berlari, berjalan, memanjat, hingga banyak gerakan lain.

Kesamaan lainnya antara manusia dan hewan adalah alat gerak yang dibagi menjadi dua, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.

Tulang disebut sebagai alat gerak pasif karena tulang tidak bisa bergerak sendiri.

Baca Juga: Sehat tapi Bisa Bikin Perut Kembung, Hati-Hati Konsumsi Sayuran dan Minuman Ini

Sedangkan otot merupakan alat gerak aktif karena otot bisa menggerakkan tulang.

Meski hewan juga bergerak, hewan memiliki cara bergerak yang berbeda-beda, baik itu pada hewan vertebrata maupun hewan invertebrata.

Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Sedangkan hewan invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang.