Rangkuman dan Soal Satuan Baku Panjang, Materi Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 4 - 6, Senin 10 Agustus 2020

By Tyas Wening, Senin, 10 Agustus 2020 | 09:20 WIB
Ilustrasi penggaris plastik untuk mengkur satuan panjang (MaxPixel's contributors)

Bobo.id - Hari Senin, 10 Agustus ini teman-teman SD kelas 4 - 6 mempelajari materi mengenai Satuan Baku Panjang melalui program Belajar dari Rumah yang ditayangkan melalui TVRI.

Bagi teman-teman yang ketinggalan tayangannya, simak rangkuman dan soal mengenai materi Satuan Baku Panjang berikut ini, yuk!

1. Mengukur Panjang dengan Satuan Berbeda

Untuk mengukur panjang dari suatu benda, kita bisa menggunakan penggaris dengan berbagai satuan, salah satunya sentimeter.

Namun selain penggaris, mengukur panjang benda juga bisa dilakukan dengan menggunakan benda yang berbeda, bukan penggaris.

Baca Juga: Kerjakan Latihan Soal Matematika tentang Pola Bilangan di Video Ini

Misalnya untuk mengukur panjang dari sebuah garis, kita bisa mengukur menggunakan benda berbentuk persegi panjang yang sudah diketahui ukuran atau panjangnya.

Contohnya, untuk mengkur panjang sebuah garis berukuran 6 sentimeter, bisa digunakan sebuah benda berbentuk persegi panjang yang berukuran 3 sentimeter.

Ini artinya teman-teman harus menggunakan dua buah benda berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama untuk mengukur garis yang panjang enam sentimeter.