Hati-Hati, Pasien COVID-19 dengan Riwayat Diabetes Berpotensi Alami Komplikasi, Cegah dengan Cara Ini

By Sarah Nafisah, Rabu, 14 Oktober 2020 | 19:00 WIB
COVID-19 (Pixabay)

 

Bobo.id - Teman-teman tentu sudah tidak asing dengan penyakit diabetes. Yap, penyakit ini sepertinya seringkali dibicarakan karena banyak orang yang mengidapnya.

Diabetes adalah penyakit yang berhubungan dengat tingginya kadar gula darah dalam tubuh yang sudah melebihi batas normal.

Tahukah kamu? Ahli mengungkapkan kalau diabetes merupakan penyakit penyerta yang sering ditemukan pada pasien COVID-19.

Berikut penjelasan selengkapnya. Yuk, simak!

Baca Juga: 5 Tempat Ini Sangat Rentan Penularan COVID-19, Tetap Waspada Meski di Era 'New Normal'

Penyakit Penyerta Terbanyak

Hal itu diungkapkan oleh Prof Dr dr Ketut Suastika, SpPd-KEMD selaku Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI).

“Diabetes adalah salah satu penyakit penyerta yang paling banyak ditemukan pada pasien COVID-19, selain juga hipertensi dan penyakit kardiovaskular,” tuturnya dalam konferensi pers virtual “Inovasi dan Transformasi Penanganan Diabetes Secara Individual Selama Pandemi COVID-19” oleh Sanofi Indonesia, Jumat (7/8/2020).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 1 Mei 2020, dari 800 kasus kematian akibat COVID-19, ditemukan sebanyak 83 kasus diabetes.

“Berdasarkan data, pasien diabetes dengan COVID-19 cenderung lebih berat dan lebih banyak meninggal jika sudah masuk rumah sakit,” tambah Suastika.

Jika diabetes bisa dicegah, lanjut ia, maka angka kematian akibat COVID-19 bisa jadi jauh lebih rendah.

Baca Juga: 5 Hewan yang Bisa Mendeteksi Bencana Alam, dari Kuda Sampai Kucing