Apa yang Bisa Kita Lakukan Agar Bisa Ikut Melindungi Bumi Kita dari Bahaya Polusi Plastik?

By Avisena Ashari, Senin, 23 November 2020 | 06:59 WIB
Apa yang Bisa Kita Lakukan Agar Bisa Ikut Melindungi Bumi Kita dari Bahaya Polusi Plastik? (Kanal Youtube Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)

Bobo.id - Teman-teman, apa yang kamu ketahui tentang bahaya polusi plastik?

Dalam tayangan Belajar dari Rumah di TVRI hari ini, kita belajar tentang bahaya polusi plastik, nih.

Benda-benda yang merupakan plastik sekali pakai di sekitar kita, berpotensi membuat polusi plastik.

Lalu, apa saja bahaya polusi plastik dan langkah apa yang bisa kita lakukan agar bisa ikut melindungi Bumi kita dari bahaya polusi plastik, ya?

Apa Bahaya Polusi Plastik?

Plastik merupakan salah satu bahan yang awet, ringan, praktis, dan terjangkau. Sehingga banyak benda di sekitar kita dibuat dari plastik.

Mungkin teman-teman pernah menggunakan barang yang berbahan plastik sekali pakai, misalnya botol air mineral, sedotan plastik, plastik kemasan, sendok dan garpu plastik, serta berbagai barang lainnya.

Karena tidak bisa digunakan lagi, biasanya barang dari plastik sekali pakai itu biasanya dibuang dan menjadi sampah.

Namun, plastik yang tidak mudah rusak itu sulit terurai saat menjadi sampah. Sehingga, sampah plastik menjadi salah satu sampah yang tidak ramah lingkungan.

Tahukah kamu? Bersumber dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), lembaga riset Jambeck pada 2015 menemukan fakta bahwa Indonesia dianggap sebagai penyumbang polusi sampah plastik terbesar kedua di dunia, yakni sebanyak 0,48 - 1,29 juta ton per tahun.

Baca Juga: Pernah Liat Warna Tempat Sampah? Ternyata Setiap Warna Punya Artinya