Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 7 Subtema 2: Asal dan Keunikan Rumah Adat Baileo, Tambi, Honai, Tongkonan, dan Lamin

By Avisena Ashari, Kamis, 11 Februari 2021 | 09:30 WIB
Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 7 Subtema 2: Asal dan Keunikan Rumah Adat Baileo, Tambi, Honai, Tongkonan, dan Lamin (Balai Pelestarian Cagar Budaya Maluku Utara, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia)

Bobo.id - Dalam materi kelas 4, tema 7, subtema 2, teman-teman mempelajari tentang indahnya keragaman budaya Indonesia, salah satunya mengenal rumah adat dari berbagai daerah.

Beberapa rumah adat yang ada di Indonesia antara lain ada rumah adat baileo, rumah adat tambi, rumah adat honai, rumah adat tongkonan, dan rumah adat lamin.

Apa teman-teman tahu dari mana asal dan keunikan rumah adat baileo, rumah adat tambi, rumah adat honai, rumah adat tongkonan, dan rumah adat lamin?

Cari tahu kunci jawabannya, yuk!

Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 7 Subtema 2: Keunikan Pakaian Adat Bali, Kalimantan Barat, Jawa Barat, dan Jambi

Asal dan Keunikan Rumah Adat Baileo

Rumah adat baileo berasal dari provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Rumah adat baileo berbentuk rumah rumah panggung persegi panjang yang tidak berdinding.

Tiang rumah ini umumnya dibuat dari kayu kelapa. Papan kayu untuk lantainya tidak disusun menggunakan paku, namun tetap kuat dan tidak berderit.

Salah satu fungsi rumah adat baileo adalah sebagai tempat bermusyawarah bagi masyarakat adat. Nama “baileo” sendiri berarti balai bersama atau tempat pertemuan.

Dalam kepercayaan masyarakat setempat, tidak adanya dinding pada rumah baileo membuat roh nenek moyang bebas keluar masuk rumah baileo.