Lakukan 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Ini Agar Mata Tetap Sehat, Salah Satunya Mengistirahatkan Mata

By Avisena Ashari, Kamis, 1 April 2021 | 18:30 WIB
Lakukan 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Ini Agar Mata Tetap Sehat, Salah Satunya Mengistirahatkan Mata (photo created by asierromero/freepik.com)

Bobo.id - Agar mata tetap sehat, ada tips menjaga kesehatan mata yang bisa kita lakukan, teman-teman.

Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk mencegah gangguan mata dan menjaga fungsi mata sebagai indra penglihatan tetap baik.

Kita bisa menjaga kesehatan mata dengan berbagai cara, mulai dari kebiasaan sehari-hari, memberikan perlindungan mata, hingga mengonsumsi makanan yang baik untuk mata.

Yuk, simak tips menjaga kesehatan mata berikut ini!

Baca Juga: Mengikuti Sekolah Online Buat Mata Lelah, Jaga Kesehatan Mata dengan Rumus 20-20-20 dari Kementerian Kesehatan, yuk!

Tips Menjaga Kesehatan Mata

1. Mengistirahatkan Mata

Selama mengikuti pembelajaran jarak jauh dari rumah, kita lebih banyak menatap layar gadget seperti komputer, laptop, atau ponsel.

Melihat layar terlalu lama bisa membuat mata lelah, misalnya membuat mata tegang, pandangan mengabur, mata kering, sakit kepala, hingga sakit pada leher, punggung dan bahu.

Agar mata tidak cepat lelah, kita perlu beristirahat dari melihat layar gadget setiap 20 menit sekali, kemudian mengarahkan pandangan ke arah benda yang berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dan dilakukan selama 20 detik.

Jangan lupa untuk memposisikan layar gadget agar berada di posisi yang nyaman.