Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 1, Apa Ide Pokok dalam Bacaan 'Gerabah dari Pulau Madura'?

By Ikawati Sukarna, Rabu, 18 Agustus 2021 | 12:45 WIB
Menentukan ide pokok dalam bacaan (Pixabay)

Bobo.idIde pokok merupakan bagian terpenting dalam paragraf. Jika tidak ditemukan ide pokok, maka tidak terbentuk sebuah paragraf yang baik.

Ide pokok bisa terletak di awal, tengah ataupun di akhir paragraf.

Dalam buku materi kelas 5 SD Tema 1, ada perintah untuk menentukan ide pokok paragraf dalam bacaan “Gerabah dari Pulau Madura.”

Apakah teman-teman masih bingung? 

Berikut ini kunci jawabannya. 

Paragraf 1

Salah satu warisan budaya yang sangat tua, luas persebarannya, dan mampu bertahan hingga sekarang adalah gerabah, yakni barang pecah belah dari tanah bakar yang dibuat secara tradisional. Gerabah konon sudah dibuat manusia sejak mereka hidup menetap dan mulai bercocok tanam beberapa ribu tahun sebelum tahun masehi, dan kini masih kita dapatkan di seluruh pelosok nusantara, tidak terkecuali di Pulau Madura.

Baca Juga: Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama, Mulai dari Deduktif hingga Ineratif Beserta Contohnya

Ide pokok paragraf 1 berbunyi “Salah satu warisan budaya yang sangat tua, luas persebarannya, dan mampu bertahan hingga sekarang adalah gerabah, yakni barang pecah belah dari tanah bakar yang dibuat secara tradisional.

Paragraf 2

Pada situs-situs kebudayaan dan purbakala, banyak dijumpai gerabah atau tembikar yang difungsikan sebagai peralatan atau perkakas rumah tangga dan untuk keperluan peribadahan serta penguburan mayat. Gerabah yang paling sederhana dibuat dan dibentuk hanya menggunakan tangan dengan ciri adonan yang kasar dan bagian-bagian gerabah tersebut masih dipenuhi oleh jejak-jejak jari. Selain itu, bentuknya kadang tidak simetris.