Pola-Pola Penyajian, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

By Grace Eirin, Kamis, 2 September 2021 | 14:08 WIB
Kita bisa menemukan iklan di manapun, salah satunya televisi. (afra32/pixabay)

Bobo.id - Teman-teman, masih ingatkah kamu apa yang dimaksud dengan iklan

Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. 

Iklan dapat kamu temukan di mana saja, dan berisi penawaran produk apa saja. Bisa berupa produk makanan, pakaian, barang-barang, bahkan juga jasa. 

Ternyata untuk membuat sebuah iklan tidak boleh sembarangan, lo. Kita harus memperhatikan pola penyajian, struktur dan juga kaidah kebahasaan.

Nah, untuk mengetahui masing-masing penjelasan mengenai pola penyajian, struktur dan kaidah kebahasaan teks iklan, mari kita perhatikan berikut ini. 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan? Inilah Pengertian, Unsur Pembentuk, dan Fungsinya

1. Pola Penyajian Teks Iklan

Iklan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan tempat menyajikannya. 

Misalnya, iklan yang ada di televisi merupakan gabungan antara teks tertulis, lisan, dan gerak. Namun, iklan yang ada di media cetak hanya berisi tulisan dan gambar. 

Supaya kamu semakin memahami perbedaannya, berikut ini pola penyajian iklan yang bisa kamu pelajari. 

a. Iklan Media Cetak

Iklan media cetak disajikan dengan menggunakan bahasa tertulis di dalam penyampaiannya. 

Iklan di media cetak juga mengandalkan desain grafis, warna, bentuk huruf, tata letak, dan gambar untuk melengkapi kejelasan isinya.