Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 5, Apa Saja 3 Hal Penting dari Teks Bacaan ‘Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN’?

By Thea Arnaiz, Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 5, apa saja 3 hal penting dari teks bacaan ‘Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN’? (Foto oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels)

Bobo.id - Saat ini pelajaran tematik kelas 6 SD tema 5 subtema 1 halaman 3. Sudah memasuki pembelajaran wirausaha.

Teman-teman akan mempelajari apa dan bagaimana melakukan wirausaha. Saat ini wirausaha juga didukung sebagai penopang perekonomian di negara-negara ASEAN.

Tentu, pada pembelajaran sebelumnya teman-teman sudah mengetahui peran-peran negara ASEAN, bukan?

Salah satunya adalah untuk saling membantu perekonomian di negara-negara ASEAN yaitu, dengan mengembangkan dan mendukung wirausaha.

Nah, untuk mempelajari materi kali ini teman-teman akan membaca kisah Udin dan kawan-kawan ketika mengunjungi pameran budaya ASEAN.

Setelah itu teman-teman akan menjawab pertanyaan dan menemukan kunci jawabannya.

Baca Juga: Penjelasan tentang Hak dan Kewajiban yang Harus Seimbang, Materi Kelas 3 SD Tema 4

Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN

Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta. Wah, tidak sabar rasanya Udin dan teman-teman ingin sampai di sana. Kebetulan saat ini mereka juga sedang belajar mengenai negara-negara tetangga. Mereka ingin sekali melihat bukti dari yang mereka pelajari.

Sesampai di arena pameran, Udin dan teman-temannya dibagi menjadi beberapa kelompok. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN. Masing-masing anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara. Anjungan Indonesia tampil dengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik.

Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Udin menghabiskan banyak waktu di anjungan ini. Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mewirausaha kecil. Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiap negara. Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen